Beranda Lombok Barat PPK Tuntaskan Pleno Pilgub dan Pilbup

PPK Tuntaskan Pleno Pilgub dan Pilbup

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PLENO: Suasana pleno rekapitulasi suara di tingkat PPK Gerung yang berlangsung di Kantor Camat Gerung, kemarin.

LOBAR—Proses pleno rekapitulasi perhitungan suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB, maupun Pemilihan Bupati (Pilbup) Lombok Barat (Lobar) mulai dilaksanakan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Lobar, kemarin. Seperti terlihat di Kantor Camat Gerung, pleno dihadiri para saksi paslon dan pihak Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Gerung.
“Kita plenokan per desa. Sejauh ini sudah empat desa dan lima TPS,” ujar Divisi Anggota Bidang Hukum PPK Gerung, Ahmad Ahidir.
Menurut Ahmad, di Kecamatan Gerung terdapat 14 desa dengan 156 TPS. Pelaksanaan pleno pun dilakukan per desa. Pihaknya merencanakan dapat menyelesaikan 14 desa pada hari itu juga. “Pleno ini dijadwalkan sampai 4 Juli, untuk Pilgub dan Pilbup. Maksimal pada tanggal itu harus sudah selesai di PPK,” jelasnya.
Ia tidak mempungkiri jika selama pleno ditemukan beberapa kesalahan administrasi. Seperti tidak adanya hologram pada C1, kesalahan penempelan hologram, dan tidak ada tanda tangan. “Dan ini ada beberapa rekomendasi dari saksi,” pungkasnya.
Sementara itu pihak Panwaslu Lobar menyayangkan banyaknya form C6 yang dikembalikan, sebelum dilakukan pemungutan suara Pilkada serentak 2018. “Saya belum cek jumlahnya, tapi ada temuan ini setiap TPS (tempat pemungutan suara),” kata Divisi Pengawas Panwaslu Lobar Abrar, kemarin (29/6).
Pengembalian ini membuktikan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) perlu dilakukan perbaikan. Ia beralasan, ada daftar pemilih tetap tambahan (DPTB) melebihi dari jumlah 2,5 persen surat cadangan. “Artinya juga banyak yang sudah dicoklit (pencocokan dan penelitian) tidak terdaftar pada DPT,” terangnya.
Ia menyarankan agar permasalahan DPT ini menjadi perhatian. Sebab jika hasil coklit dan tidak terdaftar dalam DPT hanya satu atau dua orang, masih dianggap wajar. Namun, kalau jumlahnya lebih dari seribu per kecamatan, maka membuktikan DPT Lobar perlu segera dilakukan perbaikan. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here