Beranda Praya Metro Pemdes Peresak Optimalkan Peran BKD

Pemdes Peresak Optimalkan Peran BKD

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Sahirudin

BATUKLIANG—Sebagai ujung tombak keamanan dan ketertiban di desa, Pemdes Peresak, Kecamatan Batukliang setiap tahun mengoptimalkan pemberdayaan dan pembinaan kepada Badan Keamanan Desa (BKD). Melalui dana yang dikelola, lembaga ini didukung penuh dalam pelaksanaan programnya.
Kades Peresak, Sahirudin mengatakan, peran BKD saat ini sangat maksimal sebagai penunjang keberlangsungan pembangunan desa di segala sektor. Setiap malamnya, semua anggota BKD aktif melakukan ronda malam dan monitoring ke semua dusun. Ini dilakukan untuk memantau perkembangan Kamtibmas di 15 dusun di desa tersebut. Selain itu peran BKD dusun dalam mengontrol kinerja ronda malam juga rutin dijalankan. Apalagi dengan jumlah anggota BKD saat ini cukup banyak yakni 55 orang. Untuk mendukung itu, tahun lalu Pemdes telah melakukan pengadaan alat operasional mereka. Seperti Handy Talk (HT), sepasang seragam, sepatu dan topi. “Setiap pos ronda, ditempatkan empat angggota BKD bersama warga sesuai jadwal masing-masing,” ungkapnya.
Diakui Kades muda ini, Kamtibmas merupakan tugas pokok BKD. Dalam pelaksanaannya, semua lembaga dan elemen masyarakat juga dilibatkan, termasuk perangkat desa.
“Memang dana operasional untuk BKD tak seberapa dibandingkan dengan tugasnya. Tapi mereka bekerja atas dasar pengabdian. Itu yang sangat kami salut,” katanya bangga. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here