Beranda Praya Metro Pasar Seni Bakal Ditata Ulang, Ini Pesan Badaruddin

Pasar Seni Bakal Ditata Ulang, Ini Pesan Badaruddin

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA SEMERAWUT: Pasar seni yang ada di Desa Kuta kini tidak terurus dan terkesan semerawut.

LOTENG—Pemerintah Desa (Pemdes) Kuta Kecamatan Pujut meminta pemerintah daerah untuk dipergunakan sesuai fungsinya. Sebab informasinya, pasar seni saat ini bakal ditata ulang agar tidak semrawut seperti saat ini.
“Saya yakin kalalu penataannya baik, pasti pasar seni ini akan maju,” ungkap Kepala Desa Kuta, HL Badaruddin.
Keberadaan pasar seni yang dihajatkan untuk menunjang pariwisata di Kuta kata Badaruddin sampai saat ini belum maksimal dan terkesan ditelantarkan pasca dibangun. Pasar yang seharusnya sebagai pusat aktivitas ekonomi dan pemasaran aneka kreasi industri kreatif warga sekitar, malah kini disalah fungsikan. Selain itu, pasar yang berisi puluhan lapak tersebut juga kerap dijadikan sebagai tempat pemukiman penduduk. Sehingga kini tidak bisa menopang perekonomian masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, tidak jarang masyarakat memanfaatkan pasar seni ini sebagai kandang hewan ternak.
“Kalau yang sekarang bukan pasar seni, tapi perkampungan kumuh. Setiap hujan lebat pasti banjir,” sesalnya.
Karena itu, ia meminta ketika penataan dilakukan, hendaknya arsitektur bangunan lebih mencerminkan seni dan menjadi salah satu ikon pariwisata di pintu masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sebab saat ini desainnya tidak mencerminkan pasar seni karena banyak lapak menggunakan besi dan hampir sama dengan pasar umumnya.
Di sisi lain lokasi pasar juga dinilai tidak sesuai karena struktur tanahnya lebih rendah dari jalan raya. Hal ini tentu berakibat fatal. Memang pemerintah yang dalam hal ini Pemerintah Provinsi pernah melakukan penataan. Seperti penimbunan dan pengerjaan drainase di lahan sekitar pasar. Hanya saja, tidak bisa mengubah wajah di area pasar tersebut.
“Makanya kami harap masyarakat sekitar dan Pemdes juga dilibatkan jika ada penataan lagi,” pintanya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here