Beranda Lombok Timur LPPDK Masih Diaudit Akuntan Publik

LPPDK Masih Diaudit Akuntan Publik

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Moh Saleh

LOTIM – Tanggal 24 Juni lalu, empat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur (Lotim), menyerahkan laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye (LPPDK). Laporan itu, saat ini sedang diperiksa akuntan publik.
Ketua KPU Lotim Moh Saleh, kemarin mengatakan, terdapat empat auditor akuntan public yang melakukan pemeriksaan laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye Paslon. Empat akuntan publik itu, berasal dari Semarang, Surabaya, Jakarta dan Solo. “Masing-masing Paslon, diperiksa satu akuntan publik,” kata Saleh.
Auditor dari akuntan publik ini lanjut Saleh, akan bekerja selama 15 hari. Terhitung tanggal 25 Juni hingga 9 Juli mendatang. Hasilnya sudah harus diterima KPU pada tanggal 10 Juli nanti, “Kita tinggal menunggu hasilnya saja. Begitu tanggal 10 Juli, hasilnya sudah harus diterima KPU,” tegasnya.
Jika dalam proses audit, auditor menemukan ada kejanggalan maka auditor bersangkutan dapat masuk melakukan penggalian data lebih dalam. Meskipun ada bantuan berupa barang atau fasilitas terhadap Paslon, tetap itu dihitung dalam bentuk nilai rupiah. “Auditor boleh masuk ke lebih dalam, manakala menemukan ada kejanggalan dalam proses audit,” katanya seraya mengatakan KPU tidak ada kewenangan melakukan intervensi dalam proses audit itu, karena merupakan ranahnya auditor. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here