Beranda Headline Enam TPS Direkomendasi Pemungutan Ulang

Enam TPS Direkomendasi Pemungutan Ulang

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA MASIH BERLANGSUNG: Salah satu C1 yang diplenokan oleh PPK dan disaksikan para saksi paslon dan panwascam yang berlangsung di Kantor Camat Gerung, kemarin.

Temuan Panwascam Gerung

LOBAR—Panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) Gerung merekomendasikan enam tempat pemungutan suara (TPS) melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Hal ini dikarenakan beberapa temuan saat pemungutan, dan perhitungan suara di tingkat TPS beberapa hari lalu.
Divisi Panwascam Gerung, Zaid Iqbal memaparkan beberapa temuan tersebut. Seperti adanya pemasukan surat suara yang tertukar antara Pilgub dengan Pilbup. Kemudian adanya pembukaan tong suara tanpa disaksikan oleh saksi paslon, lantaran adanya kesalahan memasukkan surat suara yang seharusnya di tong Pilbup malah di Pilgub ataupun sebaliknya.
“Ada juga C 1 yang salah taruh. Seharusnya ditaruh di (tong) Pilgub, tapi dua-duanya ditaruh di tong Pilbup. Sehingga ada pembukasn tong di situ. Bagaimana mau pleno kalau C1 tidak ada,” ungkap Iqbal saat mengikuti pleno di tingkat PPK di kantor Kecamatan Gerung, kemarin.
Diakui, cukup banyak kejadian yang ditemukan dari beberapa pantauan saat pemungutan dan perhitungan suara. Seperti pada salah satu TPS yang berada di Desa Dasan Tapen Gerung. Dimana pada TPS tersebut terdapat pemilih diberikan dua surat suara Pilbup saja. Seharusnya Pilgub dan Pilbup masing-masing satu surat suara.
Hal ini tentunya membuat jumlah surat suara antara Pilgub dan Pilbup tidak seimbang. Kemudian rekomendasi untuk PSU juga disampaikan Panwasca, untuk 5 TPS di Desa Babussalam lantaran membuka tong suara sendiri. “Sehingga kami merekomendasikan pemungutan suara ulang, karena disisihkan surat suara itu dihilangkan,” jelasnya.
Ditambahkan, keluarnya rekomendasi untuk PSU bukan berkaitan dengan hasil perolehan suara. Namun lebih kepada proses pelaksanaannya. Mengingat segala proses harus sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
Termasuk juga, Panwascam tidak membahasakan PSU itu untuk Pilbup atau Pilgub saja, melainkan TPS-nya. “Teman-teman KPPS, PPS dan PPK kan sudah punya aturan di PKPU, kami mengawasi aturan tersebut. Apakah dilaksanakan dengan benar atau tidak,” ungkapnya.
Sementara, pihak PPK Gerung membenarkan adanya dua rekomendasi Panwascam untuk dilakukan PSU di lima TPS di Desa Babussalam, dan satu TPS di Desa Dasan Tapen Gerung. Hal ini berkaitan dengan beberapa temuan Panwascam, yang dirasa cukup harus diperhatikan untuk dipertanggungjawabkan.
“Mungkin itu saja. Tapi kalau untuk hal-hal lainnya, seperti teknisnya, angka untuk perolehan suara tidak ada yang mempermasalahkan. Karena semua sama di C1 yang langsung kita ambil,” ungkap anggota Bidang Hukum PPK Gerung, Ahmad Ahidir.
Nantinya dari rekomendasi Panwascam akan diteruskan pihaknya kepada KPU Lobar. selanjutnya KPU Lobar yang akan menindak lanjuti rekomendasi tersebut. “Kita akan berkoordinasi, apakah kita akan membalas surat (rekomendasi) ini atau akan dilanjutkan di tingkat atas,” pungkasnya. (cr-win).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here