Beranda Praya Metro BUMDes Bilelando Makin Pesat

BUMDes Bilelando Makin Pesat

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Jumalim S.IP

PRATIM—Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bilelando, Kecamatan Praya Timur (Pratim) berencana membuat unit usaha baru berupa jual beli kebutuhan masyarakat melalui pembangunan warung serba ada (Waserda). Rencananya Waserda ini dipusatkan di kantor desa.
Sekdes Bilelando, Jumalim mengungkapkan, sejak dibentuk pada akhir 2017 lalu, BUMDes di desanya sangat aktif menjalankan unit usaha yang dikelola. Karenanya ke depan Pemdes akan mengupayakan agar perusahaan desa ini bisa memperbanyak unit usaha baru. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa dilayani oleh Waserda itu.
“Gedungnya sudah ada, tinggal rehab ringan dan tambahan penyertaan modanya saja. Karena unit usaha sebelumnya masih kekurangangan dan warga berharap agar Pemdes terus melakukan penyertaan modal setiap tahun,” ujarnya.
Selain itu Pemdes juga berencana membuat unit usaha lainnya yang bergerak di bidang jasa.
Sementara Kades Bilelando, Ramayadi mengakui jika saat ini BUMDes hanya mengelola unit usaha simpan pinjam saja. Namun melihat perkembangannya, usaha ini sangat aktif dan warga yang meminjam modal terus bertambah. Selain itu agar dana yang dipinjam itu tepat sasaran, pengurus juga bekerja sama dengan kelompok tani yang nantinya kelompok ini yang merekomendasikan debitur untuk mengajukan pinjaman ke BUMDes.
“Tapi tentunya arah dananya untuk biaya pertanian,” jelasnya.
Melihat animo masyarakat, Pemdes pun sudah menggelontorkan 10 persen dari Dana Desa (DD) sebagai modal BUMDes. Dari Rp 1,2 miliar lebih DD tahun ini, penyertaan modal ke BUMDes mencapai Rp 123 juta. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here