Beranda Headline Australia Bantu Pemdes Lantan Kelola Pariwisata

Australia Bantu Pemdes Lantan Kelola Pariwisata

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA INDAH: Sejumlah pengunjung mengunjungi Air Terjun Titian Batu Kawangan Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara. Air terjun ini merupakan satu di antara sembilan air terjun yang ada di Desa Lantan.

BKU—Pemdes Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara tahun ini memperoleh dana hibah dari pemerintah Australia. Dana ini diperuntukkan untuk pengembangan destinasi pariwisata.
Kades Lantan, H Ahmad Harun Zain mengatakan, program hibah pengembangan kawasan ekowisata pemerintah Australia di desanya merupakan satu dari 25 desa yang direkomendasikan diseluruh Indonesia. Sedangkan untuk NTB, hanya Desa Lantan yang memperoleh program tersebut.
“Dananya ada Rp 2 miliar. Namun disalurkan secara bertahap selama dua tahun dan diatur langsung oleh pemerintah Australia,” jelas Harun.
Untuk tahap pertama ini lanjutnya, mengarah kepada pemberdayaan masyarakat pelaku wisata berupa pelatihan. Yang mana sasarannya pemuda serta ibu-ibu rumah tangga.
“Enam bulan lalu kita sampaikan proposalnya. Alhamdulillah sebelum puasa kemarin programnya sudah dimulai,” papar pria berkaca mata ini.
Sementara untuk launching program kemitraan rencananya akan dilakukan Juli mendatang dan akan dihadiri pihak Kedutaan Australia. Dalam kesempatan itu juga, nantinya akan diikuti oleh tim sebanyak 100 orang. Yang mana 50 tim akan melakukan pemetaan pengembangan kawasan sumber mata air dari sembilan air terjun yang ada di desanya. Sedang sisanya melakukan pemetaan dan penataan kawasan di sekitar objek wisata yang ada, terutama infrastruktur pendukungnya.
Seperti diketahui, Desa Lantan memiliki sembilan air terjun yang dikelola warga sekitar secara tradisional yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) 99 Lantan. Tidak hanya itu, keberadaan dua jembatan, yakni Jembatan Maiq dan Jembatan Meres juga bakal dikembangkan menjadi kawasan unggulan di masa mendatang.
“Infrastrukturnya jalan menuju sembilan air terjun juga ini masih jalan setapak. Itu yang akan diperbaiki juga nanti,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here