Beranda Praya Metro Lirik Potensi Kelompok Industri Rumahan

Lirik Potensi Kelompok Industri Rumahan

BERBAGI
ILUSTRASI

BATUKLIANG—Dengan banyaknya dana yang dikelola, terutama yang bersumber dari Dana Desa (DD). Pemerintah Desa (Pemdes) Aik Darek, Kecamatan Batukliang melirik sejumlah potensi yang dikembangkan oleh warganya, salah satunya potensi kelompok Industri Rumahan (IR).
Kades Aik Darek, H Hasan mengungkapkan, potensi kelompok IR di desanya cukup berkembang selama ini seperti olahan hasil bumi berupa sayur mayur, pisang, singkong dan lainnya. Dengan hasil alam ini warga banyak yang mengolahnya menjadi kerupuk, kerepek, dan sejumlah jenis makanan ringan lainnya. Bahkan, ada pula yang beternak ayam petelur , telurnya diolah menjadi telur asin. Oleh karena itu, kata dia dengan potensi tersebut tahun ini Pemdes akan memberdayakan kelompok IR yang berjumlah lima kelompok dengan jumlah anggota 123 orang yang tersebar disembilan dusun. Nantinya, mereka akan dilatih selama tiga hari perihal management pengolahan dan pemasarannya. Mengenai dana pelatihannya, lanjutnya, Pemdes telah menyiapkan dana sebanyak Rp 59 juta lebih dari Dana Desa (DD).
“Kami kerja sama dengan pihak LSM pemberdayaan “Berugak Dise asal Kopang Rembiga untuk pembinaan dan lainnya,” terang Kades dua periode ini.
Ditambahkannya, selama ini dari hasil olahan lima kelompok ini masih belum bisa menyentuh pasar modern karena pengolahannya juga masih secara tradisional. Namun, dengan adanya pemberdayaan ini ke depan ia berharap pemasarannya bisa tembus ke luar desa. Selain itu, tingkat produktifitas kelompok yang ada juga bisa lebih besar dan maju. Karena selain dilatih, nantinya ke lima kelompok ini akan diberikan bantuan alat produksi makanan olahan.
“Biar pemberdayaan lebih maksimal dan ekonomi mereka (anggota kelompok, Red) juga bisa terjamin,” pungkasnya. (tar/r04)

BERBAGI
Artikel sebelumyaBule Jerman Dibegal di Mekar Sari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here