Beranda Headline Lembar Diprediksi Padat H-4 Lebaran

Lembar Diprediksi Padat H-4 Lebaran

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PADAT: Suasana pelabuhan Penyeberangan Lembar yang sudah mulai terlihat padat pada H-7 lebaran, Jumat (8/6).

LOBAR—PT ASDP Ferry Indonesia cabang Lembar memprediksi, kepadatan arus mudik akan terjadi pada H-4 hari raya Idul Fitri, atau kemarin (11/6). Diperkirakan, peningkatan itu mencapai sekitar 20-30 persen dari jumlah pengguna angkutan lebaran di tahun lalu.
Berdasarkan pantauan koran ini, peningkatan penumpang sudah terjadi pada H-7 atau malam pertama libur cuti bersama. Terjadi kepadatan kendaran di parkiran pelabuhan, baik roda dua, empat dan enam. Penumpang akan menyeberang menggunakan KMP Legundi dengan tujuan Lembar-Surabaya, maupun penyeberangan Lembar-Padang Bai. Bahkan kepadatan pembelian tiket KPM lengundi sudah terjadi sejak pagi..
Genderal Maneger (GM) PT ASDP Ferry Indonesia cabang Lembar, Yunus Lentaga menyampaikan, jika dibandingkan tahun lalu maka diprediksi lonjakan penumpang pada H-4 itu akan mencapai sekitar 20-30 persen atau 1.200 pengguna jasa. Dimana pada tahun lalu hanya mencapai sekitar seribu lebih pengguna jasa penyeberangan. “Prediksi penumpang untuk H-4 yaitu tanggal 11 Juni, kami perkirakan sekitar 1.200 pengguna jasa, karena (H-7) itu sudah terjadi lonjakan yang kedua,” terang Yunus, kemarin.
Dibandingkan tahun lalu, lamanya libur lebaran pada tahun ini ternyata mempengaruhi pergeseran lonjakan penumpang. Pasalnya untuk penyeberangan Lembar-Padang Bai dan sebaliknya, justru eskalasi lonjakan penumpang sudah terjadi pada H-15.
Sedangkan untuk KMP Legundi rute Lembar-Surabaya baru terjadi lonjakan penumpang untuk yang kedua pada H-7.
“Untuk KPM Legundi ini kita lihat kendaraannya penuh dan penumpangnya sudah menyentuh seribu lebih dari kapasitas normalnya,” ungkapnya.
Sejak H-7, lonjakan sudah mencapai di atas 10 persen. Didominasi kendaraan kecil. Dimana pada hari biasanya untuk kendaraan kecil hanya mencapai sekitar 20 unit perharinya. Bahkan pihaknya terpaksa menyediakan ruang lebih untuk car deck dalam kapal. “Lower terisi maupun over deck ini penuh, bahkan kami harus menyediakan space lagi di car decknya,” jelasnya.
Sementara itu, lonjakan hingga di atas 20-30 persen diperikirakan akan terjadi pada H-3 lebaran. Pihaknya juga memastikan tidak ada kenaikan harga tiket selama lonjakan penumpang itu terjadi. Demi mengantisipasi lonjakan penumpang itu, ASPD sudah menyediakan sekitar 35 kapal yang siap beroperasi untuk melayani rute Lembar-Padang Bai maupun sebaliknya.
ASDP juga meningkatkan trip dengan mengoperasikan kapal bermuatan besar dan mempercepat bongkar muat kapal. Dari waktu biasa satu jam setengah, menjadi satu jam lima belas menit.
Sedangkan untuk KMP Lebundi rute Lembar-Surabaya maupun sebaliknya, diberlakukan penambahan trip. Dari biasanya hanya seminggu 4 kali meningkat memjadi 6 kali, dengan jadwal keberangkatan Lembar-Surabaya di hari Senin, Rabu, Jumat. Serta Surabaya-Lembar di hari Selasa, Kamis, Sabtu.
Selain itu, pihaknya juga sudah meminta dispensasi kepada pihak perhubungan laut untuk menambah muatan penumpang dari kapasitas biasanya. “Kami juga mengantisipasi terkait system pengamanan berlapis, dimana dalam lingkungan pelabuhan itu sendiri terdapat unsur aparat keamanan baik TNI/Polri, maupun jajaran perhubungan,” sambungnya.
Yunus tidak mempungkiri pengamanan berlapis itu merupakan salah satu mengantisipasi kemungkinan ancaman terorisme. Sebab isu tersebut menjadi prioritas pemerintah dalam menjaga keamanan, baik selama libur lebaran maupun di hari biasanya.
Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Ferry Indonesia cabang Lembar, Christin Hutabarat menambahkan, pihaknya terus meningkatkan koordinasi dengan semua pihak untuk pembenahan pelayanan selama arus mudik dan balik. Disamping pihaknya tetap mengecek sarana prasarana yang ada di Pelabuhan Lembar.
“Kita koordinasi dengan stakeholder seperti bisa dilihat (di pelabuhan lembar) sudah banyak posko-posko,” katanya singkat. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here