Beranda Praya Metro Latih Warga Kerajinan Anyaman Ketak

Latih Warga Kerajinan Anyaman Ketak

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Mansur S.Pd.I

PRATENG—Melalui Dana Desa (DD), desa di Lombok Tengah kini diwajibkan banyak mengalokasikan dananya ke program pemberdayaan. Hal itupun yang menjadi acuan Pemdes Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah (Prateng) tahun ini mengalokasikan banyak dana untuk program pemberdayaan berupa pelatihan-pelatihan. Salah satunya ialah pelatihan kerajinan anyaman ketak.
Kades Jurang Jaler, Mansur mengaku, selain pelatihan sablon, budidaya pertanian, tata rias dan pelatihan menjahit. Pihaknya tahun ini juga bakal menggelar pelatihan kerajinan anyaman ketak. Dari beberapa pelatihan tersebut,Pelatihan ini dituangkan dalam program desa, karena saat ini dari tujuh dusun yang ada, sebagain besar ada warganya yang menggeluti kerajinan ini. Jika dikalkulasikan dari data yang ada, sekitar 100 lebih kepala keluarga (KK) sudah menggeluti usaha ini sebagai salah satu usaha sampingan. Terutama dari kalangan ibu rumah tangga. Oleh karena itu, agar kretifitas dan produktifitasnya lebih baik kedepannya, mereka dilatih. Selain itu pendapatan perkapita masyarakat bisa tumbuh.
“Sebagian besar pesertanya nanti, mereka yang menggeluti usaha ini. Dan sisanya dari lainnya,” ujarnya.
Dari pelatihan ini nantinya sebut Kades, mereka (peserta, Red) ini akan dibuatkan kelompok kerajinan. Agar ketika ada program dari pemerintah, baik kabupaten maupun provinsi mudah dikoordinasikan. Selain itu desa juga mudah melakukan pembinaan dan pemberdayaan ke depannya. Tidak sampai disitu terangnya, ke depan Pemdes juga berencana mengembangkan sayap BUMDes untuk melakukan pembinaan ke para pengrajin ini. Baik melalui penyiapan modal maupun dengan mekanisme pinjaman khusus. Bisa jadi juga ungkapnya, bahan dasar yang dibutuhkan mereka bisa disiapkan oleh BUMDes. Sehingga pada akhirnya nanti hasil produksinya bisa dibeli olehnya.
“Setelah dilatih, kita tetap berdayakan dan bina kelompok-kelompok ini melalui BUMDes,” pungkas Kades yang juga ustads ini. (tar/r04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here