Beranda Lombok Timur Ketika Posko Angkutan Mudik Pelabuhan Kayangan Diresmikan (2-habis)

Ketika Posko Angkutan Mudik Pelabuhan Kayangan Diresmikan (2-habis)

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Letkol Inf Agus Setiandar

Dandim 1615 Back Up Pengamanan Arus Mudik, dan Cuti Bersama

Arus mudik di Lombok Timur khususnya di Pelabuhan kayangan, terus mengalami peningkatan tajam. Guna mencegah terjadinya hal tak diinginkan, Kodim 1615, siap back up pengamanan pelabuhan.
MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

Hari raya Idul Fitri atau 1 syawal 1439 Hijriyah, diperkirakan akan jatuh antara hari Kamis atau Jumat mendatang. Penetapan satu syawal ini, masih menunggu sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.
Puasa tahun ini, masyarakat melalui kebijakan pemerintah, dapat libur panjang. Pemerintah melalui keputusan tiga menteri memutuskan, hari libur puasa ini ditambah. Tujuan pemerintah, agar tidak lagi ada Aparatur Sipil Negara (ASN) menambah hari libur.
Saat ini, masyarakat umumnya diseluruh nusantara, sedang melakukan mudik. Bagi yang mudik melalui jalur darat (angkutan umum), laut dan udara, masyarakat harus rela antre lama dan jauh-jauh hari sudah memboking tiket. Seringkali, momen libur panjang ini dimanfaatkan pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan besar, dengan menaikkan harga tiket. Malah sudah menjadi tradisi, beberapa pihak memberikan mudik gratis dengan menyiapkan puluhan bus.
Tentu, ketika menaikkan harga tiket, harus seimbang dengan pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat. Sehingga masyarakat selama dalam perjalanan mudik, bisa merasa tenang dan mendapatkan kenyamanan atau pelayanan maksimal.
Lombok Timur memiliki Pelabuhan Kayangan, salah satu jalur pintu keluar masuk pemudik. Baik pemudik yang berasal dari Pulau Lombok atau Sumbawa, bahkan, keluar Provinsi NTB. Guna memberikan rasa aman bagi pemudik, pemerintah bersama aparat keamanan membangun pos pengamanan dengan sandi Operasi Ketupat Gatarin 2018. Terdapat satu pos angkutan mudik lebaran yang disiapkan di Pelabuhan Kayangan.
Bukan saja menyiapkan pos, tetapi memberikan tempat rest area bagi pemudik yang merasa kelelahan dan ingin beristirahat menghilangkan rasa capek, atau pun beristirahat untuk berbuka puasa. Demi keamanan selama mudik, ratusan personel aparat gabungan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan selama mudik berlangsung.
Dalam pengamanan mudik ini, Komandan Kodim (Dandim) 1615 Wira Bhakti (Wb) Lombok Timur, Letkol Inf Agus Setiandar mengatakan, institusinya siap memback up pengamanan selama arus mudik hingga arus balik nanti. Personel juga disiapkan untuk membantu ASDP di Pelabuhan Kayangan.
Namun yang diharapkan Dandim, pihak ASDP bisa mengatur jadwal pelayaran dengan baik, tidak membuat terlalu lama kapal terapung untuk mengisi penumpang. Atau hal lain dapat mengganggu proses penyeberangan penumpang. “Kita harapkan segala sesuatunya dipersiapkan matang. Jangan sampai justru merugikan masyarakat. Yang jelas, kami Kodim siap memback up pengamanan di pelabuhan, patroli wilayah untuk menjaga Kamtibmas daerah kita ini,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here