Beranda Mataram ITDC Berangkatkan Gratis Pemudik

ITDC Berangkatkan Gratis Pemudik

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA DIBERANGKATKAN: Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer melepas pemudik gratis tujuan Jakarta-Yogyakata.

MATARAM-PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memberangkatkan pemudik gratis. Kegiatan itu sebagai bentuk berbagi berkah Ramadan, sekaligus mempermudah masyarakat untuk merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman. Bertajuk Mudik Bareng BUMN Guyub Rukun yang dipusatkan di Ancol, Jakarta.
Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer mengataka,n ITDC memberangkatkan satu bus jurusan Jakarta-Jogyakarta. Setelah sebelumnya diberangkatkan dua bus pada tahap pertama tanggal 7 Juni 2018 untuk jurusan Jakarta-Lampung dan Jakarta-Yogyakarta via Semarang dan Klaten. Total ITDC memberangkatkan tiga bus masing-masing berkapasitas 40 penumpang.
“Mudik Bareng ITDC 2018 merupakan bagian dari Kegiatan Mudik Gratis Bareng BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh 62 BUMN Pelaksana. Tahun ini, 62 BUMN memberangkatkan total 206 ribu pemudik dengan moda transportasi bus dan pesawat,” katanya saat dikonfirmasi Radar Mandalika, kemarin.
Ia menjelaskan, tujuan program ini adalah untuk membantu masyarakat untuk kegiatan mudik yang lebih aman. Sekaligus menekan kepadatan arus mudik, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor.
Pemberangkatan tahap dua sekaligus menutup rangkaian kegiatan Safari Ramadan yang diselenggarakan ITDC sejak bulan Ramadan dimulai. Selain mengadakan kegiatan mudik bareng, selama bulan Ramadan ITDC telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Antara lain kegiatan buka puasa dengan sejumlah stakeholder, pasar murah dan santunan anak yatim, serta kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Bilad, The Mandalika, Lombok (NTB).
Kegiatan buka puasa dengan stakeholder antara lain buka puasa bersama dengan Polda NTB pada 5 Juni 2018, serta buka puasa bersama dengan Kejaksaan Tinggi NTB, Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, dan Pengadilan Negeri Praya pada 6 Juni 2018.
“Acara ini dimaksudkan sebagai bentuk silaturahmi dalam menjaga kekompakkan selama bulan Ramadan,” ucapnya.
Sementara, pada tanggal 7 Juni lalu telah dilaksanakan kegiatan pasar murah dan santunan anak yatim dari desa-desa sekitar KEK Mandalika. Pada kegiatan Pasar Murah tersebut ITDC membagikan total 800 kupon paket sembako bagi warga yang tersebar di lima desa (Kuta, Sengkol, Sukadana, Mertak, dan Rembitan) serta anggota kepolisian dan Brimob.
Kupon paket sembako ini dapat ditukarkan dengan paket sembako yang terdiri dari 10 kg Beras, 2 kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan. Sementara untuk santunan anak yatim, ITDC telah menyerahkan hadiah lebaran bagi total 500 anak yatim yang tersebar di lima desa dengan hadiah lebaran senilai Rp 100 ribu per anak.
Selain itu, guna menyemarakkan bulan Ramadan dengan kegiatan keagamaan, ITDC bekerjasama dengan MUI Kabupaten Lombok Tengah dan Kecamatan Pujut juga menyelenggarakan pengajian rutin yang dilaksanakan di Masjid Nurul Bilad setiap hari selesai waktu salat Ashar.
Acara tersebut dalam bentuk mengundang beberapa ustadz dari Lombok Tengah yang mengisi acara secara bergantian. ITDC juga membagikan nasi dan takjil sebanyak 150-180 bungkus setiap harinya selama bulan Ramadan kepada masyarakat sekitar yang melakukan pengajian dan buka bersama di Masjid Nurul Bilad. “Kami berharap seluruh kegiatan yang kami siapkan selama bulan Ramadan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga mempererat silaturahmi dengan stakeholder. Dan dapat menunjukkan kehadiran ITDC sebagai BUMN di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here