Beranda Lombok Timur Disnakertrans Tetap Pantau Pembayaran THR

Disnakertrans Tetap Pantau Pembayaran THR

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Andika Istu Jaya

LOTIM – Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR), adalah kewajiban pemberi kerja terhadap pekerja setiap jelang Idul Fitri. Dari ratusan surat yang dilayangkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim terhadap perusahaan yang beroperasi di daerah ini, hanya beberapa perusahan yang menjawab surat tersebut.
“Kurang dari sepuluh perusahaan saja yang menjawab surat kami, bahwa sudah memenuhi kewajiban membayar THR pada pekerja,” kata Kepala Dinaskertrans Lotim, Andik Istu Jaya pada Radar Mandalika via ponselnya, kemarin.
Pembayaran THR itu lanjut Andika, sesuai dengan kontrak kerja, lama kerja dan gaji para pekerja. Jika pekerja tersebut bekerja lebih dari satu tahun, maka wajib dibayarkan satu kali gaji. Bila di bawah satu tahun, besaran THR itu berdasarkan lama dia kerja. Terdapat rumus khusus dalam memberikan THR, terhadap pekerja yang bekerja di bawah satu tahun. “Meski yang menjawab di bawah 10 perusahaan, itu artinya surat kami sudah sampai dan direspon perusahaan terkait,” tegasnya lagi.
Kendati cuti bersama sampai usai Idul Fitri, Dinaskertrans tetap memantau semua perusahaan tersebut. Bahkan, bidang Hubungan Industrial (HI), membuka layanan pengaduan dengan menyiagakan staf. “Rata-rata perusahaan biasanya seminggu sebelum lebaran membayarkan THR karyawannya,” kata mantan Asisten II Setda ini.
Melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tidak pernah ada komplain dari karyawan perusahaan, kaitan dengan pemenuhan haknya berupa THR. Jika tidak ada komplain, itu dianggap Disnakertrans bahwa hak pihak perusahaan sudah memenuhi kewajibannya. “Kita tidak su’uzon, tapi tetap husnuzzon saja, bahwa perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Lombok Timur, memenuhi kewajibannya pada karyawannya membayarkan THR karyawan,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here