Beranda Lombok Timur Cegah Pencurian Rumah Kosong

Cegah Pencurian Rumah Kosong

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA AKBP M Eka Fathurrahman SIK

LOTIM – Rumah kosong ditinggal mudik, kerap menjadi sasaran pelaku kejahatan pencurian dengan pemberatan (Curat) atau pun pencurian dengan kekerasan (Curas). Mencegah pencurian dengan sasaran rumah kosong karena ditinggal mudik pemiliknya, tim gabungan dari Polres Lombok Timur (Lotim), Kodim 1615, dan institusi terkait lainnya, akan melakukan patroli besar-besaran. “Kita akan patroli gabungan besar-besaran,” tegas Kapolres Lotim AKBP M Eka Fathurrahman SIK kepada Radar Mandalika, kemarin. “Setiap malam kita patrol gabungan bersama TNI,” tambah Eka.
Ia mengatakan, wilayah titik rawan kejahatan sudah dipetakan dan terus dilakukan pantauan. Namun dalam menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), dibutuhkan kerjasama baik masyarakat. Artinya, kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan, dan tidak lalai meski pun masyarakat sendiri mengklaim bahwa wilayah itu disebut-sebut cukup aman.
Eumah yang ditinggal mudik, selain mengunci rapat rumah, diharapkannya juga yang bisa berdampak pada kebakaran dan lainnya, agar terlebih dahulu dipastikan sudah dalam kondisi aman. “Personel kita sangat terbatas, sehingga dibutuhkan kerjasama baik masyarakat,” ucap mantan Kapolres Bima ini.
Ia mengungkapkan, sejauh ini keamanan selama arus mudik berjalan aman dan lancar. Sejumlah titik rawan lakalantas, maupun macet, sudah diantisipasi jajaran satuan lalu lintas. Begitu juga rawan begal dan lainnya, sudah menjadi atensi Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim). “Kami harapkan, masyarakat agar selalu waspada. Jangan sampai menjadi korban kejahatan,” imbaunya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here