Beranda Praya Metro BUMDes Montong Terep Rencanakan Kelola Alat Berat

BUMDes Montong Terep Rencanakan Kelola Alat Berat

BERBAGI
ILUSTRASI

PARAYA—Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) MontongTerep, Kecamatan Praya berencana mengelola unit usaha penyewaan alat berat. Rencana itu masih sekedar keinginan pengurus karena saat ini dana yang dikelola masih sedikit. Akan tetapi melihat peluang di dalam desa, hal itu tidak menutup kemungkinan terealisasi.
Kades MontongTerep, Abdul Majid mengungkapkan, melihat peluang usaha yang menjanjikan di dalam desa, BUMDes sangat berpeluang mengelola unit usaha penyewaan alat berat. Alat berat itu berupa mesin giles jalan yang kapasitas berat 4 sampai 6 ton. Selain itu juga ada rencana membeli escavator mini untuk dikelola oleh perusahaan desa ini. Hanya saja, kini Pemdes melihat dulu perkembangan unit usaha yang dijalankan berupa unit usaha simpan pinjam (SP). Jika berjalan lancar, semua rencana di atas tersebut sangat mudah terealisasi. Apalagi jika desa bisa mensupportnya dari penyertaan modal setiap tahunnya.
“Selain kita support dengan pembelian alat, insyaallah kita juga akan upayakan ada penyertaan modal setiap tahun,” jelasnya.
Kades juga menambahkan, untuk sementara ini sejak dibentuk tahun lalu, BUMDes hanya mengelola satu unit usaha saja yakni berupa unit usaha SP dengan modal awal yang digelontorkan sejak enam bulan lalu sebanyak Rp 50 juta. Untuk tahun ini, Pemdes mengalokasikan 10 persen dari jumlah Dana Desa (DD) keseluruhan yakni Rp 100 juta lebih. Selanjutnya, dari setengah anggaran tahun ini pengurus mengarahkannya ke pembelian dua unit molen. Setengahnya lagi untuk menambahan modal unit usahanya. Nantinya, dengan adanya unit molen ini BUMDes akan mengelola unit usaha jasa penyewaan. Bahkan ketika desa membutuhkan alat ini, tetap menerapkan sistem sewa. Sehingga dana untuk penyewaannya tidak keluar dan unit usahanya juga terus berjalan. Lebih jauh ia juga mengutarakan, untuk saat ini sasaran unit usaha SP menyasar pedagang kaki lima.
“Kita lebih pada upaya membantu masyarakat dalam mengelola unit usaha SP ini. Termasuk jika kita realisasikan pembelian alat berat suatu saat nanti,” pungkas pria yang juga mantan kontraktor ini. (tar/r04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here