Beranda Lombok Utara Angkutan Umum Wajib Kir Ulang

Angkutan Umum Wajib Kir Ulang

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Agus Tisno

KLU—Kendaraan angkutan umum yang beroperasi di wilayah Lombok Utara, harus taat aturan. Salah satunya, wajib kir ulang kendaraannya. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (Dishublutkan) Lombok Utara akan tetap mengawasinya.

Dimana dalam proses kir ulang kendaraan angkutan umum, wajib dilakukan dua kali dalam setahun. Hal ini sesuai peraturan yang berlaku. “Kir ulang kendaraan ini wajib dilakukan oleh angkutan umum dengan jangka waktu enam bulan sekali,” kata Kadis Perhubungan Kelautan dan Perikanan Lombok Utara, Agus Tisno beberapa waktu lalu.

Ia menegaskan, pengawasan kendaraan umum tetap dilakukan secara rutin oleh dinas dengan melakukan razia bersama jajaran kepolisian. Karena diakuinya, masih ada yang tidak mentaati aturan tersebut. Ketika saat operasi ditemukan kendaraan yang melanggar atau tidak melakukan kir ulang secara rutin, akan dilakukan penilangan. “Di Lombok Utara ada ribuan kendaraan umum. Kir ulang ini semata demi menjaga keamanan penumpang yang diangkut. Kalau tidak di kir secara rutin, kita khawatirkan bisa terjadi potensi kecelakaan,” ujarnya.

Proses kir ulang dilakukan guna memeriksa kondisi kendaraan, apakah laik untuk digunakan mengangkut barang dan penumpang. Untuk melakukan pemeriksaan itu, pihak Dishublutkan memiliki tenaga ahli yang bekerja dengan alat lengkap. Pemilik kendaraan bisa melakukan kir ulang di kantor Dishublutkan Lombok Utara. “Kendaraan pribadi juga jika digunakan rutin untuk melakukan bongkar muat barang dan penumpang, diwajibkan untuk di kir kendaraannya,” imbuh Agus. (cr-dhe/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here