Beranda Headline 25 Persen Jatah Siswa Miskin

25 Persen Jatah Siswa Miskin

BERBAGI
JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA Muh Suruji

MATARAM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018 akan segera dilakukan. Namun untuk PPDB tahun ini khususnya di sekolah negeri ada jatah 25 persen untuk jalur siswa miskin. Sementara seperti biasanya dua jalur lain yang bisa ditempuh yaitu jalur prestasi dan jalur umum.

Alokasi ini berkurang jika dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 30 persen. Namun penentuan alokasi itu sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 14 tahuj 2018. Untuk jalur prestasi sendiri pun berkurang yang semula 20 persen kini hanya 10 persen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muh Suruji menyampaikan Kementerian mengakomodir jalur siswa miskin. mereka secara gratis bisa bersekolah hingga lulus kecuali biaya bersifat pribadi seperti makan, uang transport pulang pergi sekolah atau kebutuhan foto copy. Begitupun ketika siswa tersebut mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang berbiaya maka siswa itu memebayar sendiri sebab, kegiatan ekra sekolah bersifat pilihan.

“Pokoknya dari sejak masuk hingga lulus pasti gratis kecuali hal hal tadi,” jelas Muh Suruji.

Suruji menyampaikan, NTB daerah pertama yang mengakomodir beasiswa 25 persen bagi warga miskin bisa bersekolah di negeri. Pola yang diterapkan pemda NTB sendiri akhirnya diterima oleh Kementerian.

Terkait dengan kriteria miskin, sebetulnya yang lebih paham dan mengetahui hanya kepala sekolah masing masing saja. Dinas tentu tidak bisa cek satu persatu kondisi ekononi mereka. Yang jelas ketika mereka masuk jalur siswa miskin namun pergi sekolah menggunakan motor sendiri berarti tidak disebut miskin.

“Ini sebagai contoh saja,” ujar Suruji

terkait dengan pengisian jatah 25 persen itu tebtu dilihat dari angka mendaftar. Jika melampaui 25 persen mendaftar di jalur siswa miskin maka seleksi otomotis dilakukan dengan cara tes seleksi akademik. Sebaliknya kalau kurang dari 25 persen mendaftar kesemua siswa itu sudah lulus tinggal mengikuti giat sekolah.

“Kalau misalkan ada sisa jatah 25 persen ia nanti diisi jalur umum,” tutupnya. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here