Beranda Headline Nurul Ilmi Ranggagata Sudah Bisa Bersaing

Nurul Ilmi Ranggagata Sudah Bisa Bersaing

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA WISUDA: Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Nurul Ilmi Ranggagata saat acara wisuda, kemarin.

PRAYA – Pondok Pesantren Nurul Ilmi Desa Ranggagata, Kecamatan Praya Barat Daya menggelar wisuda perdana, kemarin (15/5).
Kegiatan dirangkaikan dengan uji publik hafalan alquran serta kajian kitab kuning. Selain itu, dalam kegiatan tersebut, para santri ataupun siswa adu kebolehan pidato menggunakan tiga bahasa yang dikuasai. Yakni, bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Dimana ketiga bahasa ini intensif diajarkan di madrasah.

Santri yang mengikuti wisuda merupakan kelas XII Madrasah Aliyah. Mengingat untuk madrasah aliyah baru tiga tahun dibuka. Sedangkan untuk jenjang madrasah tsanawiyah dan ibdtidaiyah sudah ada sejak 2012/2013 lalu.

Pengurus Ponpes Nurul Ilmi Ranggagata, Taufiq Ranggagata menuturkan, meskipun masih baru, namun Madrasah Aliyah di Ponpes ini sudah bisa bersaing. Terutama dalam bidang akademik. Dalam hal ini, sistem pembelajaran juga menggunakan seperti yang ada di lembaga madrasah pada umumnya. Selain itu, di Ponpes ini juga fokus pada penghafal alquran. “Sehingga lulusan yang wisuda ini selain dibekali dengan ilmu akademik, juga ilmu agama. Dan tidak kalah penting adalah hafal alquran,” tuturnya.

Dijelaskan, program unggulan di Ponpes ini seperti tahfiz dan tahsin alquran, tahfiz dan hadist, kajian kitab kuning, ngaser, penguasaan dua bahasa asing yakni inggris dan arab, serta beberapa ekstrakulikuler muhadaroh dan lainnya. “Selain menghafal alquran, santri juga disiapkan dengan kemampuan berbahasa asing,” bebernya.

Dalam hal ini, dari berbagai program yang ditawarkan, sesuai dengan tujuan lembaga untuk membentuk karakter santri yang baik. Serta dapat berkomunikasi dengan lancar baik inggris maupun arab. Sebagai bekal ke jenjang pendidikan maupun kehidupan yang lebih tinggi.
“Lulusan sudah dipersiapkan dengan kemampuan akademik yang bermutu dan berdaya saing,” jelas dia. (bam/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here