Beranda Praya Metro Batujai Dongkrak Kemandirian Ekonomi Masyarakat melalui Pemberdayaan

Batujai Dongkrak Kemandirian Ekonomi Masyarakat melalui Pemberdayaan

BERBAGI
PELATIHAN: Warga Batujai sedang mengikuti praktik pelatihan pengolahan pajan ternak di kantor desa setempat belum lama ini. IBU HAMIL: Sejumlah ibu hamil mengikuti acara pelatihan kesehatan bagi kalangan mereka di aula desa setempat. FISIK: Dua orang pekerja sedang melintas di jalan desa yang sedang di timbun dan ditalut oleh Pemdes Batujai tahun lalu. RABAT: Ruas jalan dusun di Dusun Penyeling Desa Batujai tahun lalu dilakukan perbaikan berupa rabat.

PRABAR—Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat (Prabar) merupakan salah desa potensial di Lombok Tengah. Desa ini terdiri dari 16 ribu jiwa lebih yang tersebar di 19 dusun. Desa ini pula memiliki berbagai potensi perekonomian yang akan, sedang dan sudah dikembangkan warga. Sehingga untuk mendukung kemandirian ekonomi ini, tahun ini desa yang dikomandoi Faesal S.Sos ini sedang fokus untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat. Salah satu fokusnya dalam pemberdayaan yang bisa membangkitkan keterampilan dan peluang usaha di tengah masyarakat.
Kades Batujai, Faesal mengungkapkan, tanpa mengenyampingkan program pembenahan sarana infrastruktur desa, setiap tahun pihaknya mengupayakan agar program pemberdayaan juga masuk sebagai program tahunan. Pasalnya program pemberdayaan ini sangat diminati dan dinantikan masyarakat. Apalagi dengan keberagaman profesi warga yang merupakan bagian dari potensi desa bisa memandirikan pelakunya sendiri. Seperti usaha tenun dari warna benang alami, budidaya jamur tiram, gerabah, peternakan dan ragam usaha rumahan lainnya. Pemdes pun tahun ini mengalokasikan 25 persen DD untuk program pemberdayaan tersebut. Adapun program itu seperti pelatihan bahasa asing, pelatihan keterampilan tata boga, pengolahan pakan ternak hingga kader posyandu.
“Melalui ADD juga ada kita programkan pemberdayaan ini,” ujar kades berjenggot ini.
Dengan banyaknya program pemberdayaan juga lanjutnya, usaha-usaha dan keterampilan baru di masyarakat diyakini akan tumbuh dengan sendirinya. Sehingga hal tersebut sangat mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan demi terciptanya desa yang mandiri dan maju.
Lebih jauh pria murah senyum ini, apa yang menjadi visi misi desanya saat ini terutama menjadi desa mandiri sangat didukung oleh letak geografisnya. Sebab Batujai salah satu desa penyangga keberadaan Lombok International Airport (LIA). Sehingga berbicara soal pemasaran dan promosi, pastinya sangat mendukung. (adv/tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here