Beranda Praya Metro Pelambik Fokus Tata Jalan Dusun

Pelambik Fokus Tata Jalan Dusun

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA TERPASANG: Salah satu jalan lingkungan (gang) di Dusun Gubuk Lantan Desa Pelambik nampak telah di pasangkan paving block, kemarin.

PRABARDA—Pemerintah Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya (Prabarda) saat ini memfokuskan menata jalan di setiap dusun. Salah satunya dengan pemasangan paving block. Ini diprogramkan untuk mendukung kelancaran akses jalan warga di sejumlah dusun. Sebab dari segi kualitas, perbaikan jalan dengan pemasangan paving block juga dianggap lebih tahan lama.
Sekdes Pelambik, Samsul Hakim mengatakan, untuk tahun ini pihaknya melakukan pemasangan paving block di empat titik di empat dusun dengan lebar sepanjang 1,5 meter. Akan tetapi untuk panjangnya bervariasi sesuai dengan skala prioritas. Adapun lokasinya yakni di Dusun Gubuk Lantan, Karang Ampat, Bagik Diwe Timuk, dan di Dusun Orong Tengak. Untuk sementara ini, baru di Dusun Gubuk Lantan yang sudah selesai dikerjakan karena anggarannya menggunakan Dana Desa (DD) tahap pertama yang beberapa waktu lalu sudah dicairkan. Sedangkan sisanya akan dikerjakan setelah pencairan DD tahap kedua tahun ini. Lebih jauh disampaikan Sekdes, dari empat titik pemasangan ini pihaknya mengalokasikan dana Rp 157 juta lebih. “Untuk sementara yang di Dusun Gubuk Lantan Lantan sudah tuntas,” terangnya.
Sementara Kades Pelambik, Juanis Supriadi menambahkan, untuk perbaikan jalan dusun pihaknya lebih memilih dengan pemasangan paving block dibanding rabat. Sebab jika dilihat dari kualitasnya, paving block lebih awet. Oleh karenanya program seperti ini dilakukan setiap tahun. Seperti pada tahun lalu program ini juga dilakukan di empat dusun dari 17 dusun yang ada yakni Gang di Dusun Bagik Diwe, Karang Ampan, Orong tengak, dan di Dusun Sengkerek. Selain itu jika melihat banyaknya dusun yang belum tersentuh pemasangan paving block, pada tahun-tahun berikutnya juga akan dilakukan. Akan tetapi dilakukan secara bertahap sesuai dengan usulan mendesak dari masyarakat. “Banyak dusun yang belum tersentuh program ini. Makanya kita upayakan tahun depan juga ada program serupa,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here