Beranda Headline Pemuda Darek Lestarikan Budaya

Pemuda Darek Lestarikan Budaya

BERBAGI
BAMBANG/RADAR MANDALIKA PERESEAN: Pepadu asal Desa Darek dengan pepadu asal Jerowaru, Lombok Timur saat beradu ketangkasan di tengah arena.

Gelar Even Peresean Tahunan

LOTENG—Pemuda Desa Darek komit melestarikan budaya. Salah satunya atraksi budaya peresean.
Pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Panji Kartike menggelar even peresean. Kegiatan yang terpusat di halaman Kantor Camat Barat Daya ini digelar sejak 28 April hingga 1 Mei, kemarin.
Sementara itu, even peresean yang diinisasi oleh pemuda Darek ini sudah menjadi even tahunan. Dimana sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi agenda rutin yang tetap dilaksanakan.
Kepala Desa Darek, HL Harun Arsyad menyampaikan apresiasi atas terlaksana kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan peresean ini merupakan kreatifitas pemuda, terutama dalam melestarikan budaya.
“Ini tujuannya sangat baik dan sangat layak untuk didukung. Khususnya sebagai upaya kepedulian terhadap budaya,” tuturnya.
Selain itu, terlaksananya kegaitan ini sebagai bentuk kerjasama antar masyarakat Darek. Dimana selain tujuan melestarikan budaya, juga menjadi atraksi yang menghibur masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, kegiatan peresean ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat. Terlebih masyarakat yang hadir tidak hanya dari Darek saja, namun dari berbagai desa di Kecamatan Praya Barat Daya. “Potensi ini harus tetap dipertahankan. Apalagi mampu memberikan banyak manfaat serta dampak positif,” ungkapnya.
Sementara itu, selama kegiatan banyak dihadirkan pepadu dari berbagai wilayah di Lombok. Selain pepadu dari berbagai kecamatan di Lombok Tengah, hadir juga pepadu dari Lombok Timur, Lombok Barat, serta Kota Mataram. Seperti halnya tahun sebelumnya, gelaran peresean selalu mampu mengudang massa atau penonton dari berbagai wilayah. Begitu pula dengan tahun ini, antusias masyarakat sangat terlihat. (bam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here