Beranda Headline UNBK SMP Hari Pertama Lancar, Tapi….

UNBK SMP Hari Pertama Lancar, Tapi….

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SERIUS: Sejumlah peserta UNBK di SMPN 2 Mataram menunjukkan ekpresi beragam saat mengerjakan UNBK hari pertama, kemarin.

MATARAM—Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dimulai kemarin (23/4). Pantauan di SMPN 2 Mataram, UNBK sempat terganggu karena komputer yang digunakan seorang peserta error selama sekitar 15 menit. “Iya ada ada gangguan dari pusat. Tapi soal jalan terus, dan secara umum lancar. Anak-anak tidak ada masalah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, H Sudenom saat memantau di SMPN 2 Mataram, kemarin pagi.
Data Dinas Pendidikan, UN tahun ini jenjang SMP sederajat diikuti 7.946 orang. Rinciannya, UNBK diikuti 3.438 orang peserta. Sementara Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) diikuti 4.508 orang. Dengan jumlah sekolah penyelenggara UNBK tahun ini bertambah menjadi 24, dari tahun sebelumnya 16 sekolah. “Kita gak berani maksa. Tapi Alhamdulillah tahun ini bertambah sekolah peserta UNBK,” sambungnya.
Meski diakui, untuk komputer masih harus meminjam dari wali murid. Hanya saja, server telah dimiliki sekolah. “(Komputer, Red) memang tidak 100 persen dimiliki sekolah. Yang penting server lengkap,” ungkapnya.
Sementara Kepala SMPN 2 Mataram, H Lalu Suwarno mengatakan, jumlah peserta UNBK di sekolahnya sebanyak 369 orang. Terbagi dalam tiga sesi ujian, dengan jumlah per sesi 30 peserta. “Kita siapkan empat ruang ujian,” katanya.
Dari sisi kelengkapan komputer diakui, sekolah hanya menyiapkan 30 persen. Sisanya 70 persen dari wali murid. “Untuk komputer sudah ada ketentuan speknya,” katanya.
Di luar ruangan, sejumlah siswa yang dimintai komentar mengaku sudah siap melaksanakan UNBK. Mengingat persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Ada-degan sedikit. Tapi tetap semangat dan siap ikuti UNBK,” kata Dinda, siswi SMPN 2 Mataram yang menanti jadwal UNBK di sesi kedua.
Sesuai jadwal, UN hari pertama jenjang SMP mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hari kedua (24/4) mata pelajaran matematika. Hari ketiga (25/4) mata pelajaran Bahasa Inggris, dan hari terakhir (26/4) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kemudian UN susulan dijadwalkan tanggal 8 dan 9 Mei 2018. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here