Beranda Mataram Tertibkan APK Pakai Cara Persuasif

Tertibkan APK Pakai Cara Persuasif

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA TERTIBKAN: Tim terpadu membongkar APK milik salah satu paslon yang terpasang melanggar aturan di Jalan RA Kartini Monjok, Jumat (13/4) lalu.

MATARAM—Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur NTB, tak selamanya sesuai aturan. Terhadap hal itu, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Mataram, Hasan Basri mengamati selama ini, paslon taat dalam mematuhi aturan pemasangan APK berdasarkan zonasi. “Paslon mungkin tidak melanggar karena tahu PKPU, tapi tim suksesnya atau tukang pasang APK-nya ini yang belum paham,” kata dia, kemarin.
Namun, setelah diberikan penjelasana akhirnya mengerti. Selain turun menertibkan, diakui Hasan, Panwaslu juga menerapkan cara persuasive ke tim sukses (timses) paslon. “Modusnya, sekarang diturunkan besok pasang lagi. Jadi kita lebih pendekatan persuasive, agar timses turunkan sendiri,” jelasnya seraya memberi contoh, pendekatan persuasive juga dilakukan ketika terdapat dua APK berdekatan, namun hanya satu APK yang ditertibkan.
“Agar tidak muncul kecurigaan, dan dianggap pilih kasih. Jadi kita berikan penjelasan, ini loh aturannya. Cara ini lebih soft, dan lebih Efektif. Tingkat kerawanan tidak terlalu tinggi,” ungkapnya.
Setelah penertiban Jumat pekan lalu, Panwaslu lanjut Hasan, sedang mengarsir kembali mana saja pelanggaran APK yang akan direkomendasikan. “Sekarang masih merekap dan mengarsir,” ujarnya.
Lebih jauh dijelaskan, APK merupakan hak para calon. Namun dari tanggal 15 Februari hingga 15 Maret lalu, ternyata paslon belum ‎difasilitasi APK dari KPU. Alasannya, sedang proses tender. “Harusnya djaga hak partisipasi paslon, dan itu tidak dipenuhi KPU,” tegasnya.
Dalam pemasangan APK, merujuk pada PKPU, dan Perda zonasi. Jika kembali ditemukan pelanggaran, tim penertiban APK akan kembali turun. Berbekal surat rekomendasi dari Panwaslu Kota Mataram.(rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here