Beranda Ekonomi Batujai Kembangkan Budidaya Jamur Tiram

    Batujai Kembangkan Budidaya Jamur Tiram

    BERBAGI
    IST/RADAR MANDALIKA PANEN: Salah satu pembudidaya jamur tiram di Desa Batujai sedang memetik budidaya jamur, beberapa waktu lalu.

    PRABAR—Keberadaan kelompok budidaya jamur tiram di Desa Batujai kini mendapat perhatian serius Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Pasalnya, tahun ini para pembudidaya akan dilatih lebih jauh mengenai mekanisme pembudidayaan dan pemasaran yang lebih baik.
    Kades Batujai, Moh Faisal pun mengakui bahwa antusiasme warganya sangat besar menggeluti budidaya tanaman jamur tiram. Bahkan melalui usaha tersebut mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan bisa terus bertahan berproduksi.
    Dari itu kata Faisal, pelatihan itu nantinya sebagai program penguatan kelompok ini, dan menyasar empat kelompok usaha jamur tiram yang telah menyebar di dua dusun, yakni Dusun Katang dan Dusun Ketangge. Yang mana, keempat kelompok ini sudah berjalan selama dua tahun terakhir. Hanya saja, selama ini perjalanan pembudidayaan, ketersediaan media, maupun pemasarannya belum maksimal. Sehingga, perjalanan pembudidayaannya masih belum begitu terkenal.
    “Nanti dalam pelatihan itu, selain dilatih cara pembudidayaan yang baik, mereka juga akan dilatih cara pembuatan media atau serbuk yang digunakan sebagai wadah munculnya jamur tiram. Jadi yang awalnya penjualan jamur mereka hanya di dalam desa saja, tapi nanti bisa dibawa ke luar,” katanya penuh yakin.
    Dari itu ia berharap empat kelompok yang bakal dilatih ini bisa memahami manajemen pemasaran dari usaha mereka. Sehingga perekonomian mereka terus meningkat. Selain itu, jika dalam perjalannya kelompok-kelompok ini maju, tidak menutup kemungkinan pemasarannya bisa masuk ke hotel maupun restoran yang ada di sekitar desa. Bahkan, bila perlu kalau mereka tidak mampu suplay dalam jumlah besar, desa akan mendorong warga untuk membentuk kelompok baru untuk mencukupi pesanan secara kolektif. Tentunya, sebelum itu harus ada kesepakatan terlebih dahulu dengan pihak pelanggan agar sama-sama menguntungkan. Terutama soal kemungkinan sewaktu-waktu mereka memasukkan jamur tiram impor. (tar)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here