Beranda Ekonomi Landah Latih Peternak Ayam Petelur

    Landah Latih Peternak Ayam Petelur

    BERBAGI
    ILUSTRASI

    PRATIM—Besarnya dana yang digelontorkan pemerintah pusat untuk program pemberdayaan, dimaksimalkan Pemdes Landah, Kecamatan Praya Timur. Pemdes pun berencana melatih peternak yang ada di desanya. Peternak yang dilatih yakni peternak ayam petelur yang berasal dari lima kelompok ternak yang sudah berjalan sejak lama.
    Pelaksana Tugas (Plt) Kades Landah, H Holan Asri mengatakan, pelatihan ternak yang dimaksud nantinya yakni pelatihan mengenai manajemen berternak ayam petelur yang baik agar produktifitasnya terus meningkat. Dengan harapan, sektor usaha warga yang satu ini bisa berkembang secara maksimal. Selama ini, katanya, dari semua dusun yang ada, terdapat lima kelompok ternak ayam petelur yang sudah terbentuk di tiga dusun sejak 2017. Kelima kelompok tersebut yakni di Dusun Mengkudu Bat, Batu Bangke, dan Dusun Landah. Namun, sesuai dengan perencanaan, nanti hanya bisa mengakomodir 30 peserta dengan masing-masing kelompok akan mengutus 10 anggotanya.
    “Lumayan produktif peternak ayam petelur kita, makanya kita latih mereka,” ujar mantan Sekdes Landah ini.
    Hanya saja, selama ini belum maksimal di bagian pemasarannya karena mereka menjualnya ke pengepul. Selain itu, semua kelompok ini masih minim di pemeliharaan dan pembudidayaan. Sehingga, dengan adanya pelatihan kendala-kendala sebelumnya bisa teratasi. Tidak itu saja, diharapkan kelompok baru bisa tumbuh lebih banyak lagi di semua dusun. Lebih jauh ia ungkapkan, untuk membantu kelompok ini Pemdes melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan membeli semua hasil produksi telur mereka, tentunya dengan harga yang relatih lebih menguntungkan dari pada melalui pengepul.
    “Pemdes yang membeli sebagai salah satu unit usahanya,” ujarnya. (tar)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here