Beranda Mataram Dasan Agung Akan Berlabel SNI

Dasan Agung Akan Berlabel SNI

BERBAGI

MATARAM—Pasar Dasan Agung akan dijadikan berstandar nasional Indonesia (SNI). Terkait itu, hari ini (5/4) akan ditandatangani nota kerjasama (MoU) antara Plt Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana bersama Yayasan Danamon Peduli untuk memfasilitasi dijadikannya Pasar Dasan Agung ber-SNI. “Poin kerjasama itu akan tertuang dalam MoU, dan akan diintervensi oleh Yayasan Danamon Peduli,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, L Alwan Basri.
Keterlibatan yayasan ini, menurut Alwan sebagai bentuk komitmen agar di kawasan Indonesia timur bisa maju dengan adanya pasar ber-SNI. “Pemkot bersyukur yayasan bisa intervensi. Kepedulian yayasan ini yang patut diapresiasi,” imbuhnya.
Apa saja kriteria pasar ber-SNI? Alwan menjelaskan, setidaknya pasar itu harus bersih, dan nyaman. Kenapa baru satu pasar? “Yayasan mampunya segitu. Dari yayasan sudah menilai beberapa pasar, dan tertarik dengan Pasar Dasan Agung,” ungkapnya.
Harapannya dari satu pasar yang telah berstandar SNI maka pasar-pasar yang lainnya bisa mengikuti. “Ini jadi satu contoh untuk pasar-pasar yang lain,” imbuhnya.
Di Pasar Dasan Agung juga akan ditata menjadi sentra jajanan tradisional. Rencananya, akan dibuatkan lapak khusus bagi pedagang jajanan tradisional di bagian depan pasar. Soal pembangunan lapak ini, akan dibantu Dinas Perdagangan NTB. “Kita akan sepakati dulu dengan provinsi, dan musyawarahkan dengan pedagang agar tidak mangkrak,” jelasnya.
Harapannya, setiap pasar memiliki ikon masing-masing. Seperti Pasar Cakranegara dikenal sebagai pasar “nyonyah”. Selanjutnya Pasar Dasan Agung dikenal dengan ikon serta jajanan tradisional. “Ini sesuai arahan Plt Wali Kota agar pasar punya ciri khas dan ikon tersendiri,” pungkasnya.(rin) ‎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here