Beranda Praya Metro Perbanyak Pelatihan Keterampilan

Perbanyak Pelatihan Keterampilan

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Wire Darme

PRATIM—Pemerintah Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur terus memperbanyak pelatihan kepada warga. Terutama di bidang keterampilan dengan menyasar para kelompok kerajinan.
Bahkan tahun ini saja, pihaknya akan melakukan pelatihan kerajinan anyaman ketak selama tujuh hari dengan menyasar lima kelompok usaha kerajinan. Lima kelompok usaha tersebut berlokasi di lima dusun, yakni Dusun Senayan, Gawah Mapang, Serasap, Berenyok dan Dusun Lokon. Namun karena anggaran terbatas, Pemdes akan menyasar 30 orang peserta dari lima kelompok tersebut.
“Melalui pelatihan ini diharapkan bisa berdampak pada perekonomian anggota. Sebab, dalam pelatihan itu nanti mereka akan dilatih juga managemen pemasarannya agar hasil produsksinya maupun harganya tidak terlalu merosot,” terang Kades Mujur, Wire Darme.
Untuk program pelatihan keterampilan anyaman ketak sendiri lanjut Kades, merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas masyarakat di bidang usaha industri kerajinan. Yang mana nantinya akan diprogramkan pelatihan menjahit yang menyasar ibu rumah tangga dengan anggaran keduanya sebanyak Rp 68 juta lebih melalui Dana Desa (DD). Dari jumlah DD yang dikelola tahun ini yang minimal 25 persen itu jumlahnya sebanyak Rp 295 juta lebih.
“Kita juga programkan pelatihan pengolahan hasil pertanian, tata boga, perbengkelan, pemanfaatan pekarangan rumah dan pelatihan peternakan,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here