Beranda Lombok Barat Situasi Lalu Lintas Terkini, Tongkrongi Aja 89.2 FM

Situasi Lalu Lintas Terkini, Tongkrongi Aja 89.2 FM

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA MENGUDARA: Kapolres Lobar AKBP Heri Wahyudi melakukan penandanganan MoU dengan pihak stasiun radio milik BUMN di Mapolres Lobar, kemarin.

Polres Lobar Launching ‘Silaq’

LOBAR—Warga masyarakat Lombok Barat (Lobar) kini bisa memperoleh informasi kondisi lalulintas di Lobar secara up to date. Hal ini menyusul dilaunchingnya Seputar Informasi Lalulintas Kita (Silaq) oleh kepolisian Polres Lobar, kemarin.
Bekerja sama dengan RRI Mataram, warga dapat Lobar dan sekitarnya dapat mendengarkan berbagai informasi dari Polres Lobar, mulai dari lalulintas, situasi keadaan wilayah hingga cuaca terkini.
“Program di radio ini dilaksanakan dari pukul 06.30-07.30 wita setiap hari Senin-Kamis. Tinggal cari salurannya di 89.2 FM,” ujar Kapolres Lobar, AKBP Heri Wahyudi selepas launching, kemarin.
Heri menyampaikan, pihaknya sengaja mengambil kata Silaq yang berasal dari bahasa kearifan lokal Sasak. Dengan adanyanya program ini, pihaknya dapat memberikan informasi kepada masyarakat melalui radio berdarasakan informasi langsung yang ada di lapangan.
“Anggota kita akan berkomunikasi langsung dengan penyiar radio melalui pesawat HT,” jelasnya.
Menurut dia, program ini merupakan salah satu inovasi dari Polres Lobar dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat terkait situasi lalulintas di lapangan. Pihaknya pun sengaja mengambil siaran pada pagi hari mengingat waktu itu merupakan jam berangkat kantor maupun sekolah.
“Sehingga sebelum berangkat bisa mendengarkan siaran radio, seputar lalulintas, kemacetan, kegiatan masyarakat, termasuk juga informasi cuaca langsung dari TKP, ” ungkapnya.
Momentum launching Silaq itu juga dimanfaatkan pihak Polres Lobar bersama unsur lembaga dan masyarakat mendeklarasi anti hoax. Lembaga tersebut mulai dari pihak KPU, Panwaslu, Organisasi Islam, DPRD, pelajar dan media masa.
Heri mengatakan, pihaknya pun sudah memiliki program untuk mengatasi isu hoax yang ada di masyarakat.
“Kita punya Satgas Nusantara. Di mana salah satu targetnya adalah mengantisipasi adanya hoax di tengah masyarakat. Sehingga kita diwajibkan untuk membuat program langkah-langkah antisipasi seperti ini,” katanya.
Diakuinya sejauh ini hoax di Lobar sendiri sudah ada, namun masih kecil. Kendati demikian pihaknya tetap mengantisipasi dampak apabila hoax ini tersebar. Terlebih lagi mengingat saat ini masih dalam suasana Pilkada.
“Yang jelas kita sudah membentuk tim yang melakukan patroli saiber mengecek hoax yang tidak benar dan membahayakan. Nantinya dari Satgas Nusantara itu yang akan menindaklanjutinya,” pungkasnya. (cr-win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here