Beranda Pendidikan Redi NTB Puji Literasi MIN 3 Loteng

Redi NTB Puji Literasi MIN 3 Loteng

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA SURVEY  Kepala MIN 3 Loteng, Nasruddin Mansyur memantau para siswa madrasah setempat saat diberikan tes oleh Redi NTB, Senin siang.

PRAYA – Regional Economic Development Institute (Redi) NTB menyambangi MIN 3 Loteng. Tujuannya untuk melihat program literasi yang diterapkan di madrasah tersebut.
Salah seorang surveyor dari Redi NTB untuk program Inovasi, Wawan Atmawijaya mengatakan, MIN 3 Loteng merupakan salah satu madrasah percontohan di bidang literasi. Sebelumnya, pihaknya telah mengunjungi sekolah dan madrasah unggulan yang ada di wilayah Dompu, Bima, Kabupaten Sumbawa Besar (KSB), hingga Loteng.
“Dengan kondisi geografis, MIN 3 Loteng cukup banyak diminati peserta didik. Pantauan kami, untuk lembaga seperti Sekolah Dasar (SD) di sini cukup jauh. Sehingga madrasah jadi pilihan alternatif,” ujarnya.
Terhadap program literasi di MIN 3 Loteng, dinilainya berhasil. Berdasarkan temuannya di beberapa satuan pendidikan, peserta didika ada yang belepotan mencerna bahasa Indonesia. Apalagi saat diminta menyampaikan pidato di depan umum.
Sebaliknya di MIN 3 Loteng berbeda. Pola yang diterapkan membuat murid terbuka wawasannya. Melalui program membaca di kantin baca dan stand baca, kemudian menyampaikan hasil bacaanya di depan keluarga besar madrasah dalam bentuk pidato dan bercerita.
Sementara Kepala MIN 3 Loteng, Nasruddin Mansyur mengatakan, Redi NTB bakal melakukan observasi di madrasah selama tiga hari. Observasi ini melihat langsung cara guru mengajar di bidang literasi, hingga kemampuan membaca dan berhitung murid.
“30 murid diminta menyampaikan hasil bacaan, bercerita hingga berpidato. Serta melihat proses pembinaan guru yang bisa menggiring minat baca murid di madrasah,” pungkasnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here