Beranda Pendidikan Naskah UNKP Tiba H-4

Naskah UNKP Tiba H-4

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA LM Hilim

PRAYA—Naskah Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) akan diterima Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng empat hari menjelang Ujian Nasional (UN). Sesuai jadwal, UN jenjang SMP/MTs dilaksanakan tanggal 23-26 April 2018. Kemudian UN SMP/MTs susulan pada tanggal 8 sampai 9 Mei mendatang.
Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Disdik Loteng, LM Hilim mengatakan, jumlah peserta UNKP menurun dibanding tahun lalu. Sebab, sebanyak 27 SMP akan melaksanakan UNBK. “Dari 8300 peserta UN, ada yang memakai komputer dan sisanya UNKP,” kata Hilim, kemarin.
Ditambahkan, soal segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Untuk pendistribusian soal, pemerintah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Hanya saja, skenario pendistribusian soal ke kabupaten belum diketahuinya. Apakah akan dikawal atau disimpan di kantor Disdik Loteng ataupun Mapolres Loteng demi keamanan soal. “Untuk naskah UN yang dikirimkan ke kabupaten tetap kita pastikan bakal diamankan oleh Disdik beserta Polres setempat,” ungkapnya.
Disdik Loteng sepenuhnya bertanggung jawab dalam mengawasi dan memastikan bahwa naskah UN sampai sesuai jadwal yang ditetapkan. Apalagi tahun ini, jumlah peserta UNBK bertambah. “Kita tetap atensi ke SMP yang masih menerapkan UNKP. Dan optimis ada peningkatan signifikan di tahun berikutnya untuk peserta UNBK,” ujarnya.
Mengenai kemungkinan terjadinya gangguan jaringan dan listrik, ia berharap PLN Rayon Praya dan Telkom Praya bisa mengantisipasinya sebelum pelaksanaan ujian. “Semua pihak kami harap mendukung pelaksanaan Ujian Nasional. Sambil tetap berkoordinasi,” pungkasnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here