Beranda Mataram Dikes Siapkan Vaksin Bagi Jamaah Haji

Dikes Siapkan Vaksin Bagi Jamaah Haji

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Usman Hadi

MATARAM—Dinas Kesehatan Kota Mataram, mulai menyiapkan pengadaan vaksin influenza untuk jamaah calon haji tahun 2018. Anggaran yang disiapkan untuk kebutuhan itu sekitar Rp110 juta bersumber dari APBD Pemkot Mataram.
Besaran anggaran pengadaan vaksin influenza tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sekitar Rp90-100 juta. “Karena jumlah jemaah calon haji tahun ini juga bertambah menjadi 771 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr H Usman Hadi.

Ditambahkan, pemberian vaksin influenza kepada jamaah calon haji merupakan program setiap tahun pemerintah kota yang diberikan secara gratis kepada calon haji. Tujuannya, untuk mengantisipasi jamaah dari berbagai penyakit menular. Selain secara gratis, jika jemaah ingin mendapatkan vaksin influenza secara mandiri mereka membayar sekitar Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per sekali suntik.
Menurut Usman, vaksin influenza memang baik diberikan lebih awal agar bisa segera membentuk antibody, sebagai kekebalan dan daya tahan tubuh. “Targetnya pertengahan April atau paling lambat Mei calon haji sudah mulai divaksin,” katanya.
Untuk kegiatan pemberian vaksin influenza dilakukan pada puskesmas-puskesmas terdekat dari tempat domisili jemaah. Sementara mengenai pemberian imunisasi meningitis bagi jemaah, sifatnya wajib. Vaksinnya diadakan oleh pemerintah. “Untuk vaksin meningitis, kami menunggu pengiriman dari Kementerian Kesehatan. Vaksin meningitis juga diberikan secara gratis, termasuk untuk jemaah lainnya di Indonesia sebab pemberian vaksin ini sudah ditanggung pemerintah,” katanya.

Terhadap surat rekomendasi pernyataan sehat yang harus dikeluarkan Dinas Kesehatan sebagai dasar jemaah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH), Usman mengakui jika hal itu memang sudah dilakukan sejak tahun sebelumnya.
“Kami bertugas menentukan siapa memiliki status kesehatan baik dan tidak, sebagai dasar melunasi BPIH. Tetapi keputusan akhir untuk diberangkatkan tetap sesuai hasil pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” katanya.

Ditambahkan Usman, proses pemeriksaan kesehatan calon haji akan mulai dilaksanakan pada 11 puskesmas se-Kota Mataram, pada bulan April 2018 mendatang. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here