Beranda Wisata Sulap Embung Jadi Objek Wisata

Sulap Embung Jadi Objek Wisata

BERBAGI
ILUSTRASI

PRABAR—Pemdes Banyu Urip, Kecamatan Praya Barat (Prabar) tahun ini bakal menyulap keberadaan embung desa menjadi objek wisata. Embung milik BWS Nusa Tenggara I yang ada di Dusun Gelondong itu memang menyimpan sangat banyak potensi.
Sekretaris Desa Banyu Urip, Muhammad Samian menuturkan, rencana pengembangan dan penataan Embung Batu Bokah tersebut akan dimulai tahun ini. Sebagai tindaklanjut itu, pemdes telah membuat master plan penataan embung. Sementara mengenai anggarannya, Pemdes menyediakan sebanyak Rp 200 juta di Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) sebagai tahap awal. Jika dilihat dari luas area embung ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan sebagai objek wisata karena luas permukaannya saja mencapai 10 hektare lebih. Sebagai target desa, pada 2020 baru akan difungsikan dan dibuka sebagai kawasan wisata. Hal ini disebabkan banyaknya bagian pengembangan yang akan ditata. Mulai dari jalan yang dari jalan kabupaten sepanjang 50 meter, lapak-lapak pedagang, taman rekreasi, dan aneka spot wisata lainnya. Tidak hanya itu, sebagai tahap awal pihaknya juga bakal menata warga yang melakukan pemanfaatan lahan sebagai lahan pertanian di sekitar pinggir embung. Nantinya, bisa jadi ditata dengan cara melakukan penghijauan.
“Pengelolaannya akan kita serahkan ke BUMDes,” katanya.
“Kita beli dan buatkan wahana wisata air, tempat rekreasi, stand kuliner setiap dusun, dan lainnya di sini nanti,” sambungnya.
Untuk diketahui, sejak dibangun pada 1990 lalu warga hanya memanfaatkan embung ini sebagai air irigasi dan air bersih kebutuhan rumah tangga saja. Akan tetapi, melalui pengembangan kawasan wisata diharapkan warga nanti bisa mendapat dampak lebih bagi peningkatan perekonomian mereka. Karena embung ini berdekatan dengan lapangan desa. Selain itu, sesuai konsep sangat tepat jika sekitar embung dipadukan dengan potensi alam dan tersedianya lapangan desa yang bisa digunakan pemuda untuk berkegiatan. Apalagi, jika melihat potensi view yang ditampilkan dari permukaan embung ataupun di atas bukit sekitar, kawasan utara Lombok Tengah nampak jelas. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here