Beranda Ekonomi Ini Jurus Jokowi

    Ini Jurus Jokowi

    BERBAGI
    Presiden Jokowi Membuka Perdagangan Saham di BEI. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

    JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi meluncurkan perizinan online dalam silaturahminya dengan pengguna fasilitas kepabeanan, yakni perusahaan-perusahan yang berorientasi ekspor.

    “Dengan ini, saya resmikan Fasilitas Kepabeanan dan Peluncuran Perizinan Online,” ujarnya di Kawasan Berikat PT Simicks, Cileungsi, Bogor, Selasa (27/3).

    Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jika peresmian ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mempermudah izin usaha di Tanah Air.

    “Presiden meminta kepada seluruh menteri untuk kemudahan perizinan berusaha,” tuturnya.

    Percepatan perizinan kepabeanan dan cukai online ini dalam rangka kemudahan berusaha sudah dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dengan fokus untuk mendorong kemudahan berinvestasi dan ekspor.

    Ada empat ruang lingkup yang diatur untuk mempercepat perizinan kepabeanan dan cukai. Pertama registrasi kepabeanan dipermudah dari sisi persyaratan, waktu dan lainnnya.

    Di sisi lain, perbaikan juga dilakukan pada tempat penimbunan berikat (TPB) disediakan fasilitas penangguhan bea masuk. Selain itu, tidak ada pungutan pajak dalam rangka impor (PDRI) untuk pelaku usaha dalam rangka kegiatan tertentu di kawasan berikat, pusat logistik berikat dan lain-lain.

    Pemerintah juga menyediakan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) yakni fasilitas pembebasan atau pengembalian bea masuk ata impor barang dan bahan untuk diolah, dirakit atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk di ekspor.

    Keempat yaitu untuk nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC) dimana izin untuk menjalankan kegiatan sebagai pengusaha pabrik, pengusaha tempat penyimpanan barang kena cukai, penyalur atau pengusaha tempat.

    (hap/JPC)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here