Beranda Headline Gubernur Cek Radioterapi di RSUP

Gubernur Cek Radioterapi di RSUP

BERBAGI
HUMAS PROVINSI FOR RADARMANDALIKA TURUN: Gubernur NTB, M Zainul Majdi saat sidak alat kesehatan di RSUP NTB, kemarin.

MATARAM – Gubernur NTB M. Zainul Majdi melakukan sidak terkait pelayanan kesehatan dan ketersediaan alat medis di RSUP NTB, kemarin.
Kedatangan gubernur diterima Direktur RSUP NTB, Lalu Hamzi Fikri beserta jajaran. Sebelum melakukan sidak ketersediaan Alkes, gubernur melakukan dialog dengan beberapa pasien terkait dengan pelayanan dan kondisi kesehatan.

Dalam sidak itu, gubernur meninjau fasilitas kesehatan Radioterapi bagi penderita Kanker yang baru diadakan pada tahun 2017, melalui DAK dan DAU APBD Provinsi NTB tahun 2017, dengan tipe Varian Clinac CX Linear Accelerator dan telah terinstall pada bulan Desember 2017.

Dengan adanya alat penunjang kesehatan Radioterapi tersebut, gubernur berharap pelayanan kesehatan di RSUP NTB, khususnya bagi penderita kanker dapat dilakukan di NTB. Ia menjelaskan, angka kunjungan penderita kanker di NTB mencapai 120 pasien kanker/hari. Selama ini, RSUP NTB hanya melakukan rujukan bagi mereka ke Rumah Sakit Sanglah, Bali dan Rumah Sakit di Surabaya.

“Target kita dengan adanya fasilitas Radioterapi ini, semua penderita kanker di NTB dapat kita tangani sendiri di RSUP NTB ini,” harap dia.

Menurutnya, semakin banyak cakupan dari jaminan kesehatan maka akan semakin banyak pengunjung yang datang ke Rumah Sakit. Dimana, menurutnya aturan jaminan kesehatan yang ada, pelayanan kesehatan ada tahapan-tahapannya, mulai dari Rumah Sakit yang di Kabupaten Kota sebelum dilakukan rujukan di RSUP NTB.

“Kedepan saya minta Direktur untuk melakukan komunikasi dengan kabupaten kota, terkait fungsi-fungsi penyelesaian pelayanan kesehatan di Kabupaten/Kota,” perintah gubernur.

Sementara itu, Direktur RSUP NTB Lalu Hamzi Fikri berharap dengan hadirnya alat Radioterapi di RSUP NTB ini, akan mampu memberikan pelayanan kesehatan terutama pada penderita penyakit kanker yang angkanya terus meningkat. Dia mengatakan, bahwa angka kunjungan pasien Kanker pada tahun 2015 di NTB sebesar 28.643 jiwa, dengan angka kunjungan 120 pasien kanker/hari.

Dikatakan direktur bahwa saat ini, RSUP NTB merupakan satu dari 17 Rumah Sakit di Indonesia yang memiliki alat Radioterapi, ia berharap bulan Agustus mendatang alat canggih tersebut sudah dapat beroperasi, karena saat ini pihak RSUP NTB sedang menyiapkan kelengkapan administrasi penunjang untuk pengoperasian alat tersebut. (cr-jho/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here