Beranda Praya Metro 400 Personel Satpol PP Amankan Pilgub

400 Personel Satpol PP Amankan Pilgub

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Lalu Marwan

 

PRAYA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengecek kesiapan jelang pesta demokrasi Pilgub 2018. Terdapat 400 personel Pol PP yang ada di Loteng akan diterjunkan mengamankan keberlangsungan Pilkada serentak.

Persiapan ini, dilakukan dengan melakukan apel gelar pasukan yang dilakukan di halaman kantor Satpol PP, kemarin.  Kegiatan ini juga dihadiri langsung Sekda Loteng, HM Nursiah.

Plt Kasat Pol PP Loteng, Lalu Marwan mengatakan, tujuan dilakukan apel gelar pasukan untuk meminta personel  menjaga profesionalisme, dan kekompakan guna mewujudkan keamanan, kenyamanan dalam Pilgub.

“Kami menekankan anggota dari sekarang siaga mencegah persoalan yang timbul secara dini agar Pilkada berjalan lancar dan aman,” katanya di ruang kerja, kemarin.

Marwan menjelaskan, momen pilkada serentak menjadi sangat penting terutama peran jajaran Satpol PP. Pasalnya, potensi gangguan terhadap penyelengaraan ketertiban umum dan ketenteraman warga  biasaya meningkat. “Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang mungkin akan terjadi sesuai dengan tupoksi, maka Satpol PP harus selalu siap,” jelasnya.

Menurut Marwan, faktor penting yang harus dipersiapkan Satpol PP dalam rangka pengawasan pelaksanaan pilkada. Di antaranya melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horisontal dengan instansi terkait.  Selain itu, mereka juga mengembangkan komunikasi dengan seluruh jajaran stake holder termasuk tokoh masyarakat dan tokoh adat dalam upaya mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

“Semua ini harus dilaksanakan saat pilkada mendatang,” perintahnya.

Ditambahnya, intinya dalam gelar pasukan ini, pihaknya menekan anggota Satpol PP juga harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya, demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pilkada.

Sementara itu, Sekda Loteng, HM Nursiah meminta kepada semua anggota untuk tetap menjaga kekompakan dalam menjaga ketertiban maupun keamanan masyarakat jelang pemilihan gubernur mendatang.  “Koordinasi dengan semua stakholder harus juga ditingkatkan,” kata Nursiah. (jay/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here