Beranda Headline Labuapi Segera Miliki Pasar Seni, Jika…

Labuapi Segera Miliki Pasar Seni, Jika…

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PRODUK: Hasil karajinan kayu para pengrajin kayu Desa Labuapi yang sudah menerima pelatihan dari Disperindag Lobar belum lama ini.

LOBAR—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lombok Barat (Lobar) akan coba memfasilitasi permintaan para perajin kayu di Desa Labuapi untuk memiliki pasar seni. Pihaknya pun akan coba mengkoordinasikan terkait permintaan itu kepada dinas terkait.

“Tidak ada yang tidak mungkin asal kita ikhtiarkan. Contohnya di Jatisela itu, kita buat workshop tahun lalu dan buktinya berhasil,” ujar Kepala Disperindag Lobar, Agus Gunawa.
Menurutnya, terkait rencana itu tentunya perlu menyiapkan lahan untuk dijadikan aset yang akan dipergunakan untuk pasar seni atau showroom. Sehingga perlu adanya koordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lobar untuk lahannya.
“Harus ada tanah Pemda. Harus ada pihak Aset dan desa yang kita koordinasi. Semasih ada tanah dan tidak bermasalah kita akan ke Pemerintah Pusat dan memperjuangkan di APBD,” ungkapnya.
Namun kemungkinan untuk di APBD, lanjutnya baru mungkin dapat diperjuangkan untuk pembangunan showroom. Di mana di dalamnya akan terdapat los lapak yang disediakan untuk hasil kerajinan kayu.
Hanya saja ia tetap berpesan kepada para pengrajin untuk terus berinovasi untuk menghasilkan prodak kerajinan kayu. Mengingat persaingan pasar menuntut produk yang baru. Terlebih lagi dengan telah memperoleh pelatihan dari instruktur yang kompeten dengan penilaian produk di pasaran.
Sementara itu Ketua Kelompok Pengrajin Kayu Desa Labuapi, M Azwar mengaku sangat mengapresiasi pihak Disperindag yang mau mendengarkan permintaan pihaknya. Terlebih lagi jika nantinya sudah adanya lahan yang siap dijadikan lokasi showroom untuk para pengrajin kayu di Desa Labuapi.
“Mudah-mudahan bisa terwujud, sejenis pasar seni kecil-kecilan tapi itu nantinya untuk mewakili semua produk dari pengrajin di sini,” pungkasnya. (cr-win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here