Beranda Politik Bisa Jadi Diundur

Bisa Jadi Diundur

BERBAGI

LOBAR—Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Lombok Barat (Lobar) tahun 2018 ini nampaknya belum memiliki kepastian. Pasalnya hingga kini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar belum memperoleh pemberitahuan dari Departeman Dalam Negeri untuk menyelenggarakan Pilkades di tahun 2018 ini.
Mengingat pada tahun ini juga diselengarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Di mana Lobar salah satu daerah yang menyelengarakannya.
“Kita belum mengetahui bisa tidak kita laksanakan Pilkades ini, kita masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut (dari Departemen Dalam Negeri), boleh tidak kita selenggarakan tahun ini,” ungkap Kepala DPMD Lobar, L Edi Sadikin, kemarin.
Menurut Edi, jika melihat penyelengaraan yang sudah-sudah, biasanya pelaksanaan Pilkades dilakukan sesudah pelaksanaan Pilkada. Sehingga ada kemungkinan pelaksanaan Pilkades yang direncanakan Oktober mendatang dapat diundur.
Kendati demikian, Edi mengatakan pihaknya tetap menyiapkan segala persiapan Pilkades tersebut hingga adanya kepastian. Termasuk juga membedah Peraturan Bupati (Perbup) terkait penyelengaraan Pilkades tersebut, demi meminimalisir terjadinya tuntutan di kemudian hari.
“Kita tidak mengginginkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk kemungkinan penuntutan, itu yang kita minimalisir,” ujarnya.
Ia pun sudah meminta ke kepala bidangnya untuk menginvetarisir apa yang mungkin menimbulkan permasalahan dari Perbup tersebut. Di samping nantinya pihaknya akan mengundang para pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Desa, dan LSM untuk membahasnya.
“Walaupun belum ada pemberitahuan, bagaimanapun kita siapkan dulu,” imbuhnya.
Lantas kapan akan kepastiannya? Jawab Edi, biasanya 3-4 bulan sebelum pelaksanaan Pilkades sudah diinfokan.
Bahkan jika nantinya Pilkades tersebut ditunda, mantan camat Sekotong ini menjelaskan kemungkinan pelaksanaanya akan diselengarakan di tahun 2019 mendatang. Tentunya dengan perencanaan yang baru.
“Nanti kalau ada Kades yang masa jabatanya sudah selesai, digantikan sementara dengan Plt kades dulu,” pungkasnya. (cr-win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here