Beranda Headline 302 Siswa SMAN 1 Jonggat Ujian Ulang

302 Siswa SMAN 1 Jonggat Ujian Ulang

BERBAGI
DIKI WAHYUDI/RADAR MANDALIKA UJIAN: Sejumlah siswa SMAN 1 Jonggat serius mengikuti USBN, kemarin.

 

PRAYA – Bocornya naskah soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di Kabupaten Lombok Tengah terungkap. Kepala SMAN 1 Jonggat, Andap mengakui musibah buruk ini.

Kepada Radar Mandalika, Andap menerangkan jika bocornya soal USBN ini, siswanya hanya menerima soal diduga bersumber dari salah satu sekolah favorit di Loteng.

“Tapi ini hanya informasi, kam belum kita telusuri,” tegasnya di ruang kerja, kemarin.

Andap menjelaskan, soal yang bocor mata pelajaran Bahasa Inggris, Sejarah, dan Matematika. Menindak lanjuti persoalan ini, ia mengaku sudah dipanggil pihak dinas pada Kamis lalu di SMAN 1 Praya. Tapi, ia yakin juga dinas pasti akan menelusuri penyebab soal atau dokemen negara ini bisa bocor.

“Saya ceritakan apa yang saya tahu kepada pak Kabid, Kasi di sana,” bebernya.

Dari persoalan ini, semua siswa SMAN 1 Jonggat kelas III sebanyak 302 wajib ikuti ujian ulang. USBN ulang akan dilakukan hari ini bersama sekolah yang satunya lagi. Naskah soal USBN cadangan tentu berbeda dari yang diujiankan sebelumnya.

Masalah ini, Andap mengaku tidak akan menelusuri penyebab bocornya. Jangan sampai ini justru akan menganggu proses ujian siswa.

“Ini kita anggap aib sendiri,” tuturnya.

Andap menambahkan, naskah soal USBN ini sekitar 20 sampai 25 persen soal dari pusat. Dan sisanya dari daerah. Namun informasi yang ia terima, laporan soal naskah soal USBN ini dilaporkan langsung oleh pihak Ombudsman.

“Benar tidaknya ini hanya informasi,” tegasnya lagi.

 

Sementara itu, salah satu SMA favorit yang coba dikonfirmasi tidak mau memberikan informasi apapun kepada Radar Mandalika.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Muh Suruji membenarkan jika naskah soal USBN bocor. Tapi ditegaskannya, bocor naskah USBN bukan di semua kabupaten/kota di NTB. Melainkan hanya di Loteng. Dan akan ditindak lanjuti.

Namun sayang, Suruji tidak membeberkan nama sekolah tempat sengaja dibocorkan naskah USBN itu. Ia hanya menyebut di salah satu SMA di Kecamatan Pujut dan Praya.

“Sudah ujian, sekarang akan kita ulang dengan soal cadangan,” kata dia via ponsel, kemarin.

Siapa yang membocorkan naskah USBN, Suruji enggan menanggapinya. Justru dia melempar persoalan ini, kepada Kabid PSMA. Sementara, naskah soal USBN bocor menurut dia karena kemampuan siswa soal IT. Siswa lebih tinggi dari antisipasi guru.

“Terjadi hanya di dua sekolah saja,” jelas dia singkat.(r1)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here