Beranda Kriminal Tinggal Tunggu Keterangan Saksi Ahli

Tinggal Tunggu Keterangan Saksi Ahli

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA AKP Rafles P Girsang

PRAYA – Penyidik Tipikor Polres Lombok Tengah mengebut penanganan kasus dugaan korupsi ADD, DD di Desa Langko, Kecamatan Janapria tahun 2015. Dalam waktu dekat, tersangka mantan Kades Langko akan segera ditahan setelah keterangan dari saksi ahli pihak BPK Perwakilan NTB memberikan keterangan.

“Kami akan melakukan penahanan untuk kelancaran proses penanganan kasus ini. Selain itu, alasannya juga tersangka dikhawatirkan akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan bukti penahanan dianggap sudah memenuhi unsur,” tegas Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles P Girsang, Sabtu (24/03) lalu.

Rafles menjelaskan, dalam kasus tersebut penyidik sendiri sudah melakukan pelimpahan berkas ke Kejari Loteng. Hanya saja berkas dikembalikan karena dianggap kurang lengkap. Sehingga penyidik sendiri sudah melengkapinya sekarang.

“Karena sudah lengkap dan berdasarkan berbagai pertimbangan. Makanya kita akan melakukan penahanan,” ungkapnya.

Disampaikan juga bahwa dalam gelar perkara dari hasil audit BPK RI Perwakilan NTB. Menyatakakn, jika kerugian negara berdasarkan Laporan Hasil Perhitungan Kerugian Negara (LHPKN) ditemukan adanya kerugian negara Rp 249 juta. Atas adanya kerugian tersebut, tersangka harus bertanggung jawab.

Atas perbuatannya, mantan Kades ini diancam dengan pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Juncto UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas unang- undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasl 64 KUHP. (jay/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here