Beranda Pendidikan KPI FAI Ummat Jalin Kerjasama dengan ASKOPIS

KPI FAI Ummat Jalin Kerjasama dengan ASKOPIS

BERBAGI
JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA NARASUMBER: DPP ASKOPIS, M Zamroni (kiri), Dekan FAI Ummat, Abdul Wahab (dua dari kanan), Ketua Prodi KPI FAI Ummat, M. Zaki Abdillah (kanan) saat menjadi narasumber workshop kurikulum KPI berbasis KKNI, Sabtu lalu.

MATARAM – Untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan program studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Muhamadiyah Mataram menjalin kerjasama dengan Asosiasi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Indonesia (ASKOPIS Indonesia).
Ketua Prodi KPI FAI Ummat, M. Zaki Abdillah menjelaskan, kerjasama yang dibangun meliputi pembinaan, bimbingan dan pembuatan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Tidak hanya itu, kerjasama bersama ASKOPIS Indonesia juga dibangun untuk kebutuhan pendampingan supervisi akriditasi Prodi. Dia menjelaskan, KPI menjadi salah satu prodi yang disediakan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram untuk menampung serta mencetak generasi yang memiliki potensi pada bidang dakwah serta keinginan untuk menjadi para ahli komunikasi berbasis Islami. Keberadaan KPI di Muhammadiyah, kata dia akan menjadi salah satu prodi yang akan lebih ditingkatkan kuwalitasnya baik pada proses mutu pembelajaran maupun kualitas kelembagaan.

“Besar harapan kita agar KPI menjadi salah satu Prodi yang memunculkan kualitas mahasiswa yang berintegritas dan kapable,” kata Abdillah, Sabtu lalu.

Abdillah menjelaskan, untuk mahasiswa yang jurusan KPI dari semester satu sampai empat pembiyaan SPP tidak dipungut biaya. Tidak hanya itu, bagi mahasiswa awal itu juga ditamatkan di Mahad Kampus.

Prodi KPI juga memiliki program dakwah kawasan Bali Nusra. Dakwah ini, untuk menguatkan peran komunikasi ajaran islam bagi umat. “Ini kita programkan di semester akhir,” beber dia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Askopis Indonesia  M. Zamroni menegaskan bahwa pentingnya sebuah prodi bergabung dengan Asosiasi, termasuk prodi KPI FAI Unmat ini yang telah tergabung dengan ASKOPIS Indonesia. Kedepan, kata dia semua prodi KPI yang ada di NTB, baik di kampus negeri maupun swasta harus sudah tergabung semua dengan Asosiasi ini.

“Alhamdulillah, kami apresiasi Prodi KPI FAI Unmuh Mataram sudah bergabung dengan Askopis,” harap pria yang juga salah satu dosen di UIN Suka Yogyakarta itu.

Prodi KPI yang dikuatkan dengan penerpan kurikulum berbasia KKNI, kata dia bertujuan agar alumni mahasiswa mampu menciptakan lapangan pekerjaan bukan menciptkan para ilmuan. Selama ini, masyarakat selalu memeprtanyakan ketika mahasiswa masuk prodi KPI, kesannya hanya akan melakukan dakwah.
Secara umun, KKNI yaitu penentuan profil lulusan, penyusunan bahan kajian,  perumusan capaib pembelajran (CP/learning outcomes (LO).
“Yang paling penting membentuk mata kuliah yang memilki bobot SKS dan menyusun RPS,” paparnya.(cr-jho/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here