Beranda Pendidikan Kacau! Soal USBN Bocor

Kacau! Soal USBN Bocor

BERBAGI
ILUSTRASI

MATARAM – Kabar kurang sedap kembali menimpa dunia pendidikan di NTB. Naskah soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bocor di kalangan pelajar Lombok Tengah.

Informasi yang diterima Radar Mandalika, naskah soal USBN bocor diduga ulah oknum pihak sekolah yang bersaing secara tidak sehat agar nilai hasil ujian siswanya lebih baik dari sekolah lain.

Adapun naskah soal USBN yang bocor, Bahas Inggris, Bahasa Indonesia.”Malu kami lihat potret dunia pendidikan yang makin kurang sehat,” kata salah seorang wali murid di Loteng yang meminta identitasnya dirahasiakan, Sabtu lalu.

Katanya, di Loteng ada dua sekolah tempat naskah soal USBN bocor. Dua sekolah SMA ini, berstatus sekolah favorit. “Malu tidak kita dengar cerita ini,” tuturnya.

Hasil investigasi Radar Mandalika, naskah soal USBN bocor di sekolah favorit Kecamatan Jonggat, Praya dan Pujut. Bahkan, beberapa sekolah dimaksud kini sudah diketahui pihak dinas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Muh Suruji membenarkan jika naskah soal USBN bocor. Tapi ditegaskannya, bocor naskah USBN bukan di semua kabupaten/kota di NTB. Melainkan hanya di Loteng. Dan akan ditindak lanjuti.

Namun sayang, Suruji tidak membeberkan nama sekolah tempat sengaja dibocorkan naskah USBN itu. Ia hanya menyebut di salah satu SMA di Kecamatan Pujut dan Praya.

“Sudah ujian, sekarang akan kita ulang dengan soal cadangan,” kata dia via ponsel, kemarin.

Siapa yang membocorkan naskah USBN, Suruji enggan menanggapinya. Justru dia melempar persoalan ini, kepada Kabid PSMA. Sementara, naskah soal USBN bocor menurut dia karena kemampuan siswa soal IT. Siswa lebih tinggi dari antisipasi guru.

“Terjadi hanya di dua sekolah saja,” jelas dia singkat.(r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here