Beranda Pendidikan E-Rapor Terus Dikembangkan

E-Rapor Terus Dikembangkan

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA H Sumum

PRAYA – Pengolahan data dan penilaian hasil akhir belajar murid dalam bentuk elektronik rapor (e-rapor), bakal terus menyasar satuan pendidikan. Bahkan pada semester genap ini, program baru yang merupakan kebijakan pemerintah pusat itu bakal terus diterapkan bagi peserta didik. “Pembagian rapor dalam bentuk elektronik yang terhubung ke Data Pokok Pendidikan dan berbasis website ini terus dilanjutkan,” terang Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng, H Sumum mengatakan di ruang kerjanya, belum lama ini.
Disampaikan, di Juni mendatang atau saat kenaikan kelas bagi peserta didik, selain menerima rapor yang sudah dalam bentuk print out. Murid bisa juga melihat di website sekolah yang tertera melalui sambungan internet, guna melihat hasil nilai ujian sekolah. “Di sana, beragam eksktrakurikuler dan prestasi bisa dilihat. Perlahan kita beralih dari sistem penilaian yang sifatnya manual (kertas) ke sistem elektronik,” jelasnya.
Hal ini bisa dilakukan dengan baik serta bisa diterapkan oleh sekolah lantaran pembinaan dari Disdik Loteng. Serta kerjasama yang baik, khususnya oleh Waka Kurikulum di sekolah masing-masing.
Meski ia menyadari, kebijakan e-rapor ini tidak dipaksakan. Sebab, hanya sekolah yang memiliki daya dukung seperti komputer dan SDM yang memadai saja yang bisa menerapkan hal ini. “Khususnya bagi guru yang mengisi rapor melalui aplikasi e-rapor tetap diberikan pembinaan,” ungkapnya.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, sekolah harus terus terus sadar akan perkembangan teknologi yang makin maju. “Karena sudah tersambung di Dapodik, maka pemerintah pusat turut memantau pengolahan nilai murid ini,” tandasnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here