Beranda Wisata Sekotong Mendunia mulai Curi Perhatian

Sekotong Mendunia mulai Curi Perhatian

BERBAGI

LOBAR—Perkembangan pariwisata Sekotong nampaknya mulai menarik perhatidan daerah lainnya. Bahkan belum lama ini kalangan DPRD Kota Padang Provinsi Sumater Barat melakukan kunjungan untuk mengetahui gerakan “Sekotong  Mendunia” tersebut.

Menurut Ketua rombongan Pansus DPRD Kota Padang, Dian Anggraeni Oktavia kedatanganya untuk melihat perkembangan pariwisata yang ada di Lobar. Terutama sekali terkait dengan gerakan Sekotong Mendunia, yang tidak disangka merambah hingga Kota Padang.

“Kami ingin melihat bagaimana pola gerakan yang dibuat oleh Pemda bersama masyarakat, seperti Sekotong Mendunia ini. Sehingga kami bisa melihat bagaimana perbedaan antara kota Padang dengan Lobar,” ungkap Dian saat kujunganya ke Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar belum lama ini.

Menurutnya dari diskusi yang dilakukan pihaknya dengan Dispar Lobar, perubahan untuk pariwisata itu berawal dari masyarakat. Hal itu pun diakuinya hampir sama dengan pola yang ada di Padang, hanya saja peran Pemda lebih pada pengaturannya.

Selain itu dirinya cukup tertarik dengan konsep pariwisata di Lobar, dimana lebih dahulu masyarakat membangun pariwisata itu. Sebab ia menilai dengan begitu masyarakat memiliki keleluasaan dalam mengembangankan pariwisata.

“Barulah nantinya peran Pemda menyiapkan fasilitas dan saran Prasarana yang dibutuhkan. Kita berharap agar pada saat diadakan festival Sekotong Mendunia bisa diundang,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Lobar, Ispan Junaidi menilai dengan adanya kunjungan dari kalangan DPRD Padang itu membawa semangat positif bagi daerah khusunya Sekotong. Kendati demikian saat disinggung terkait kapan Festival Sekotong Mendunia itu, Ispan mengaku sejauh ini terdapat beberapa kelompok masyarakat yang sudah mengusulkan mengelar festival itu.

“Masih sebatas usulan. Kami masih kaji dulu,” pungkasnya. (cr-win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here