Beranda Lombok Barat 94 Desa Belum Cairkan DD

94 Desa Belum Cairkan DD

BERBAGI
L Edi Sadikin

LOBAR—Masih banyak desa yang belum melakukan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama. Pasalnya dari 119 desa yang ada di Lobar, baru 25 desa yang melakukan pencairan. Sedanglan 94 desa masih dalam proses.

Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar pun memberikan batas waktu hingga akhir Maret kepada desa yang belum untuk segera memproses pencairan.

Kepala DPMD Lobar, L Edi Sadikin yang di temui dikantornya mengatakan, pihaknya sudah turun ke lapangan untuk jemput bola mengingatkan desa untuk segera melengkapi syarat pencairan. Langkah ini dilakukan lantaran terdapat beberapa desa yang belum menyelesaikan Laporan Keterang Pertanggung Jawaban (LKPJ) desa.

“Kalau kami di sini sesuai dengan ketentuan harus menunggu persyaratan (Pencairan DD), bagi (desa) yang belum tetap kami informasikan untuk segera. Kalau sudah lengkap tinggal direkomendasikan,” ungkapnya.

Lantas bagaimana jika ada desa yang belum melakukan pencairan hingga akhir Maret? Mantan Camat Sekotong ini mengatakan pihaknya akan terus menggenjot desa yang belum tersebut untuk cepat menyelesaikan segala persyaratannya.

Selain itu ia mengharapkan segala element yang ada di desa baik itu Badan Permusyawaratan Desa (BPD), maupun pihak pemerintah desa untuk semaksimal mungkin bekerja sesuai tugas pokok fungsi (tupoksi) masing-masing.

“Itu yang kita harapkan, kalau itu sudah bekerja dengan maksimal, permasalahan-permasalahan yang akan timbul dapat diminimalisir,” jelasnya.

Kendati demikian diakuinya, sejauh ini dari informasi yang diperolehnya para Pemerintah Desa (Pemdes) terus memproses syarat pencairannya. Dimana sesuai dengan alurnya desa nantinya akan meminta rekomendasi dari pihak kecamatan untuk selanjutnya diserahkan ke DPMD untuk diproses.

“Kabarnya mereka masih menjilid-jilid laporannya,” pungkasnya. (cr-win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here