Beranda Pendidikan Jamin PIP Tepat Sasaran

Jamin PIP Tepat Sasaran

BERBAGI
f/H Jumadi HAFIDZ/RADAR MANDALIKA H Jumadi

PRAYA – Dinas Pendidikan Lombok Tengah memastikan penyaluran dana dalam Program Indonesia Pintar (PIP), bisa tepat sasaran. Kepala Dinas Pendidikan Loteng, melalui Kabid Pembinaan SMP Disdik Loteng, H Jumadi menjelaskan, sejak program Bantuan Siswa Miskin (BSM) diganti menjadi PIP, proses pencairan dananya tidak seribet sebelumnya.
“Dulu, transfer dana langsung ke rekening sekolah. Sekarang ke rekening siswa. Sehingga tidak ada celah pihak sekolah melakukan permainan untuk mengambil dana itu,” terangnya.
Ia menjelaskan, pihak sekolah hanya bertugas mensosialisasikan dan mendampingi anak didik yang mendapatkan dana PIP. Sementara pencairan dana melalui bank mitra Dinas Pendidikan Loteng.
“Rujukan tempat mengambil uang secara tunai juga di bank. Sekolah hanya memfasilitasi untuk membuat surat penyertaan ke siswa bahwa yang bersangkutan sudah menerima dana PIP sesuai nominal yang ditetapkan,” ujarnya.
Sebelum penyaluran dana PIP, pihak sekolah mengajak murid melakukan penandatanganan surat pernyataan sudah menerima dana. Tentunya pihak bank ikut mendamping. Dari sana disampaikan bagaimana proses mengeksekusi program ini. “Tak ada celah lagi untuk tilep dana. Karena sekolah dan perbankan turut mengawal program ini. Bahkan, tim yang dibuat di sekolah akan memastikan bila dana itu betul-betul diterima. Dan bisa digunakan untuk kepentingan murid menimba ilmu,” pungkasnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here