Beranda Praya Metro Aparatur Desa Diberikan Pelatihan

Aparatur Desa Diberikan Pelatihan

BERBAGI
ILUSTRASI

JANAPRIA—Pemdes Bakan Kecamatan Janapria sudah melakukan pelatihan aparatur desa tahun lalu. Hal tersebut guna memaksimalkan kinerja aparatur desa. Selain aparatur desa, Pemdes pun akan melatih semua komponen lembaga desa.
Kades Bakan, H Radiah menjelaskan, perangkat yang ikut pelatihan yakni dari unsur kadus serta staf desa. Sedangkan temanya berkaitan dengan regulasi desa seperti UU Nomor 6 tahun 2014.
“Sebagai tutornya, kita undang dari DPMD, kecamatan dan kepolisian,” jelasnya.
Ditambahkan, dalam regulasi ini masih banyak hal-hal yang belum dipahami oleh warga. Tidak itu saja, dari unsur Pemdes juga masih belum mengusai poin penting dari regulasi ini, terutama mengenai tugas pokok dan fungsi dari masing-masing. Sehingga dengan pelatihan ini, diharapkan perangkat desa dan lainnya dapat memahami batasan tupoksi yang harus dijalankan bersama atau atas nama lembaga. Diakuinya pula, beberapa ketentuan yang mengatur soal perencanaan, pengelolaan dan pelaporan dari dana yang tertuang dalam APBDes, juga awalnya menjadi kendala pihaknya berproses dalam menjalankan pembangunan desa. Oleh karena itu, Pemdes berharap dengan pemberdayaan aparatur ini, pengelolaan keuangan desa bisa maksimal. Sebab, jangan sampai karena ketidaktahuan, menjadi persoalan baru di desa.

“Untuk program pemberdayaan, kita juga alokasikan dana untuk pelatihan kader, KTI, PKK dan lembaga desa lainnya,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here