Beranda Ekonomi Pemkab Lirik Potensi Produksi Gula Aren

    Pemkab Lirik Potensi Produksi Gula Aren

    BERBAGI
    GULA AREN

    LOBAR—Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Lombok Barat (Lobar) nampaknya terus mengembangkan potensi gula aren lokal. Terlebih lagi dengan sudah diperolehnya bantuan pembangunan UPT Gula aren di Desa Langko Kecamatan Lingsar dari Kementerian Perindustrian.
    Tidak hanya di kawasan Lingsar dan Narmada saja, DI kawasan Gunung Sari-Batulayar pun potensi gula aren dapat ditemukan. Bahkan di salah satu sentra industry gula aren di Desa Kekait Gunung Sari, hasil olahan gulanya dapat menembus pasar luar negeri.
    Kabid IKAHH Disperindag Lobar, Amarudin menerangkan bahwa potensi gula ini akan terus dikembangkan. Tidak hanya menyasar para pegawai Pemda Lobar yang diwajibkan menggunakan, namun diharapkan dapat pula dipakai di Hotel yang ada di kawasan Lobar.
    “Makanya UPT Gula Aren untuk tahun ini 2018 dibangun di Langko. Sedangkan untuk 2019 kita akan perjuangkan di Gunungsari,” ujarnya.
    Sementara itu Ketua Kelompok Bukit Tuan Desa Kekait, H Mustaan mengaku bahwa tingkat produksi gula are di lokasi tersebut dapat menghasilkan 1500 liter dari 300 pohon. Sehingga untuk satu pohonnya bisa menghasilkan 5-10 liter perharinya.
    “Tinggal kami kelola saja, dengan jumlah 1.500 liter saja perhari, nilai ekonomisnya sangat besar untuk kemajuan masyarakat,” ujarnya.
    Terkait dengan pemasaran sendiri, dia mengungkapan sejauh ini tidak terkendala. Kendati masih membutuhkan sentuhan pemerintah terkait, namun sejauh ini sudah dapat masuk pasar tradisional hingga retail modern. (cr-win)

    BERBAGI
    Artikel sebelumyaLagi, KPK Sambangi Lobar
    Artikel berikutnyaBanyumulek Kian Redup

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here