Beranda Lombok Barat Lagi, KPK Sambangi Lobar

Lagi, KPK Sambangi Lobar

BERBAGI
Humas LOBAR FOR RADAR MANDALIKA PENGARAHAN: Unit Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah Bali dan NTB, Untung Wicaksono memberikan penjelasan terkait dengan RAD, di Kantor Bupati Lobar, kemarin.

Berikan Asistensi Pencegahan Tipikor

LOBAR—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyambangi Lombok Barat (Lobar). Kedatangan lembaga anti rasuah ini untuk memberikan asistensi pencegahan tindak pidana korupsi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lobar.
Selain itu KPK juga memberikan pendampingan kepada Pemda Lobar dalam menyusun dan mengimplementasikan Rencana Aksi Daerah (RAD) terkait pencegahan korupsi. Beberapa permaslahan pun menjadi antensi KPK yang perlu disampaikan kepada Pemda Lobar.
“Permasalahan aset kendaraan dinas, pemanfaatan CCTV, pemanfaatan aplikasi multi media, bahkan pembaharuan web site juga kita jabarkan,” ujar Unit Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah Bali dan NTB, Untung Wicaksono, kemarin.
Pada kesempatan itu juga, KPK memberikan tekanan kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mengenai kendaraan dinas (randis). Terutama sekali randis para mantan anggota DPRD yang belum mengembalikan randisnya saat tidak lagi aktif menjadi dewan.
Bahkan pihaknya meminta agar dinas terkait untuk lebih tegas jika secara lisan pemberitahuan tidak digubris oleh yang bersangkutan.
“Perlu sesekali kali bersikap keras. Melalui surat resmi pun tidak diindahkan, silakan minta bantuan polisi!” tegasnya.
Kendati demikian pihaknya cukup mengapresiasi Pemda Lobar dalam capaian RAD. Sebab jika dibandingkan daerah lain, Lobar masuk dalam kategori cukup cepat dalam menyususn RAD-nya.
Lebih lanjut Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemkab Lobar periode Desember 2017 lalu, tercatat 11 permasalahan masing masing OPD yang dibahas. Mulai dari Pengelolaah APBD, pengadaan barang/jasa, Perijinan dan Pelayanan Terpadu, Pengelolaan Dana Desa, Komunikasi Informasi, Pendidikan, dan Kesehatan. (cr-win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here