Beranda Praya Metro Ketua PBNU Dijadwalkan Hadir

Ketua PBNU Dijadwalkan Hadir

BERBAGI
BAMBANG/RADAR MANDALIKA KONPRESS:Petinggi NU Lombok Tengah saat foto bersama di Pendopo Wakil Bupati Lombok Tengah, sore kemarin.

 

PRAYA – Peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-92 di Lombok Tengah akan dikemas meriah.

Peringatan yang akan dipusatkan di Lapangan Umum Penujak, Kecamatan Praya Barat ini akan dihadiri puluhan ribu jamaah NU dari penjuru NTB. Tidak hanya itu, kegiatan yang akan berlangsung pada 19 hingga 22 April mendatang akan dihadiri langsung Ketua PBNU, KH Said Agil Siroj.

Selain itu, pada Harlah itu nantinya akan diadakan istigosah dan tablik akbar. Dalam kesempatan itu, selain untuk kesejahteraan daerah, bangsa dan negara, juga untuk mendoakan pelaksanaan Pilkada di NTB berjalan aman dan damai.

“Pilkada sudah damai dengan tujuan untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik. Sehingga kegiatan ini dari Lombok Tengah untuk kesejahteraan NTB,” tutur Dewan Pengarah PCNU Lombok Tengah, H Jalaludin di pendopp Wakil Bupati, sore kemarin.

Meski demikian, pihaknya menegaskan, esensi dari pelaksanaan Harlah NU itu tidak ada kaitannya dengan Politik. Tidak ada kaitan dengan calon manapun. Karena secara organisasi NU itu diinstruksikan tidak boleh untuk berpolitik. Namun, secara pribadi, jamaah NU memilih, itu merupakan hak pribadi.

“Kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan Politik. Hanya saja kebetulan waktunya bersamaan dengan Pilkada,” jelasnya.

Beberapa kegiatan lain yang akan dilaksanakan yakni, lomba hadrah, pawai taaruf yang akan diikuti ribuan peserta dari lembaga ma’arif serta sekolah umum lainnya. Selain itu, pameran expo di Lapangan Umum Penujak juga akan menghiasi meriahnya Harlah NU di Lombok Tengah. Dalam hal ini, expo ditujukan untuk menjual produk unggulan Lombok Tengah. Dimana sebagai daerah wisata yang punya kerajinan dan UKM untuk dijual.

“Kabupaten lain juga akan diundang,” bebernya.

Selain itu, kegiatan istigohsah untuk warga Lombok Tengah. Selain itu akan mengundang muslimin dan muslimat se Lombok Tengah tanpa terkecuali. Sementara Pramuka juga akan dilaksanakan pada kegiatan itu. Dalam hal ini, pramuka akan diikuti lembaga ma’arif. Pada kesempatan itu pula akan disampaikan terkait sosialisaai narkoba, kekerasan anak dan lainnya.

“Pengajian dan tablik akbar akan dilaksanakan di Masjid Agung dan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj,” bebernya.

Dikatakan, Harlah NU ini juga untuk mengevaluasi diri khususnya warga NU di Lombok Tengah. Kagiatan Harlah NU di NTB ini akan dipusatkan di Lombok Tengah. Karena basis terbesar NU itu ada di wilayah Lombok Tengah.

“Kalau Surabaya itu basis NU di Indonesia, maka basis NU di NTB itu adalah di Lombok Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Lombok Tengah, Rupawan Joni menambahkan, tujuan dilaksanakan pameran ekspo itu alah untuk mempromosikan produk unggulan UKM binaa NU. Selain itu juga, tujuan kegiatan itu untuk mendukung pembangunan Parawisata di Lombok Tengah ini.

“Semua kegiatan Harlah NU ke 92 itu dilaksanakan secara paralel di tempat yang bebeda,” katanya. (bam/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here