Beranda Praya Metro Jelang Pilkades, DPT Minta Dikebut

Jelang Pilkades, DPT Minta Dikebut

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA PERBAIKAN DPS: Panitia Pilkades Desa Montong Terep melakukan pemuktahiran data DPS menjadi DPT beberapa waktu lalu.

PRAYA—Meski tahapan Pilkades di 90 desa di Lombok Tengah tahun ini belum dibuka, namun berbagai persiapan untuk menyukseskan pesta demokrasi itu sudah mulai dilakukan. Salah satunya mengenai validasi daftar pemilih tetap (DPT).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, Jalaludin mengatakan, salah satu data pendukung pelaksanaan Pilkades yang harus menjadi perhatian serius yakni DPT. Sebab data ini kata dia, harus valid jauh hari sebelum tahapan Pilkades dilaksanakan. Untuk itu, bagi 90 desa yang bakal melaksanakan Pilkades pada akhir tahun ini agar sesegera mungkin melakukan validasi data tersebut. Sebab, terkait data DPT ini dalam waktu dekat pihaknya akan menyandingkan dengan data yang dimiliki oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten.
“Data DPT ini sangat berpengaruh terhadap pengadaan logistik yang akan didistribusikan. Makanya kami harap Pemdes di 90 desa ini segera menuntaskannya,” pinta Jalal.
Dikatakan, jika validasi data DPT sudah selesai baru pihaknya akan membuka tahapan Pilkades akhir Agustus mendatang. Kendati tahapan Pilkades masih lama akan dibuka, pihaknya khawatir nantinya banyak persiapan sebelum tahapan menjadi molor. Seperti contoh, sosialisasi Perda dan Perbup Pilkades dan lainnya. Termasuk juga pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sudah habis masa jabatannya di 106 desa Mei nanti harus tuntas. Sebab merekalah yang akan menjadi panitia Pilkades tahun ini. (tar)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here